Jelang HUT Ke - 64 Kodam VI/Mulawarman Kodim 0913/PPU Bersihkan Monumen Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama Di Kaltim



PENAJAM -
Guna mengenang sejarah tentang berkibarnya bendera merah putih pertama kali pada tanggal 17 Agustus 1945 di Propinsi Kalimantan Timur tepatnya di Jln Jonci RT 07 Kelurahan Nenang Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu (16/07/2022) kemarin.

Segenap personil Kodim 0913/PPU dan instansi lainnya serta warga masyarakat Kelurahan Nenang melaksanakan pembersihan dan perawatan lokasi Monumen Pengibaran Bendera Merah Putih pertama kali di kibarkan di wilayah Kaltim.

Monumen Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama Di Kaltim telah diresmikan pada tanggal 28 Oktober 2019 oleh Bupati PPU Abdul Gapur Mas’ud, Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud, Kapolres PPU AKBP Sabil Umar ,S.I.K, dan menurut sejarah di tempat tersebut telah di kibarkan bendera merah putih pada tanggal 15 Oktober 1945 oleh Bahrunsuk, Dode Telogir, Songhui, Brebow, Tengga, Bunyat dan Rendra.

Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Arfan Affandi kepada media menjelaskan,”Pembersihan lokasi monument ini selain untuk merawat cagar budaya dan situr sejarah yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara juga dalam rangka menyambut HUT Kodam VI/Mlw Ke-64 pada tanggal 18 Juli mendatang,”ujar Dandim 0913/PPU.

“Mari kita jaga dan pelihara cagar budaya yang berada di wilayah kita dengan harapan kelak anak cucu kita mengetahui dengan sejarah yang ada di Kab PPU,”pungkasnya.
 
Sumber : Kodim 0913/PPU

Post a Comment

0 Comments