Lestarikan Budaya Daerah, Babinsa Koramil Penajam Ikuti Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI




PENAJAM - 
Bertempat di ruang kelas SDN 14 Kelurahan Nipah-Nipah Kec. Penajam Kab. PPU, Babinsa Koramil 0913-01/Penajam Serka Endratno Babinsa Kelurahan Nenang dan Sertu M Khusaini Babinsa Kelurahan Sungai Parit menggikuti kegiatan Program Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Penajam. Lomba bertutur bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Kecamatan Tahun 2022 yang di ikuti oleh perwakilan masing-masing SD/MI yang diikuti sebanyak 15 Peserta. Selasa (31/5/2022).

Sertu M Khusaini mengatakan,“Kegiatan yang  dilaksanakan kali ini bertujuan untuk memotivasi para anak anak agar timbul jiwa seni didalam diri anak anak. Selain itu juga bertujuan menjalin silaturohim antar SD  se-Kecamatan Penajam baik siswa siswinya maupun para guru serta dapat menghibur dan memikat perhatian siswa lainnya dan dapat mengembangkan imajinasi siswa,”ujar Khusaini.

Mendongeng merupakan salah satu bentuk edukasi dan tahap awal pengenalan dunia literasi pada anak. Salah satu jenis dongeng yang dapat digunakan adalah dengan cerita rakyat. Cerita rakyat umumnya mengandung nilai-nilai kehidupan yang membangkitkan daya imajinasi anak.

“ Imajiner dibangun sejak dini bukan untuk membawa anak-anak ke dalam ruang lingkup imajinasi atau khayalan, tetapi lebih condong pada kreatifitas yang tertuang dalam bentuk bertutur atau bercerita bisa juga dibilang mendonggeng,” tegas Babinsa.

Dalam kegiatan tersebut yang berhak membawa tropi dan hadiah adalah,Juara 1 di raih oleh Zakia Citra dari SDN 28 dengan Nilai 2772 judul cerita Pesut Mahakam,Juara 2 oleh Imel Tandiso dari SDN 05 Nilai 2.719 judul cerita Pesut Mahakam dan Juara 3 di raih oleh Rita S dari SDN 20 Nilai 2.650 judul cerita Legenda Putri Petung.

Di ketahui Juara Harapan 1 di raih oleh Ratna dari SDN 13 Nilai 2.593 judul cerita Asal Usul Danau Lipan,Juara Harapan  2 Atifa dari SDN 24 Nilai 2.585 judul cerita AsalUusul Danau Lipan dan Juara Harapan 3 oleh Catrin alevia Prameswari Nugroho dari SDN 03 Nilai 2.584 judul cerita Legenda Putri Petung.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain,Ptl Kadis Perpustakaan Bapak Yusup Basrah, Spd,Kasi Pesdik Disdik  Kab PPU Dra. Hj Suharti,Kepala Sekolah SD/MI Se Kecamatan Penajam,Anggota Koramil 0913-01/Pnj Serka Endratno dan Sertu M Khusaini, Bapak/ibu Guru Pendamping sebanyak 15 orang dan Peserta sebanyak 15 orang.

Sumber : Dim 0913/PPU

Post a Comment

0 Comments