Kapten Inf Slamet Pamuji Berikan Arahan dan Pembekalan Calon Komcad Wilayah Penajam Paser Utara



PENAJAM - Kapten Inf Slamet Pamuji selaku Plh Pasi Pers Kodim 0913/PPU mewakili  Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan memberikan pengarahan dan pembekalan kepada para calon komcad wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, di Aula Dharmawangsa Saka Wira Kartika. Jum'at  (29/4/2022).

Kepada peserta calon Komcad Kapten Inf Slamet Pamuji mengatakan "Warga negara Indonesia (WNI) wajib membela negaranya. Komcad  bertujuan membentuk karakter pemuda-pemudi untuk selalu disiplin dan cinta Tanah Air.

“Komcad ini bersifat sukarela, apabila sedang dalam keadaan non aktif, anggota Komcad akan menjadi warga negara biasa seperti profesinya sehari-hari baik masyarakat, ASN, mahasiswa atau lainnya, sehingga bisa disimpulkan Komcad adalah pendukung dari Komponen Utama yaitu TNI,” jelasnya.

Dengan adanya Komcad katanya, bisa membantu komponen utama (TNI) dalam menjalankan tugas. Selain itu komcad dapat dimobilisasi dalam penanganan bencana.

Kapten Slamet juga menjelaskan, Kodim 0913/PPU terus melakukan seleksi calon Komcad yang sudah memenuhi persyaratan melalui penjaringan yang dilakukan oleh para Babinsa wilayah masing-masing.

“Dan hari ini Kodim 0913/PPU mengadakan pengecekan personel pendaftar, tanya jawab tentang motivasi apa sehingga tertarik dengan komcad, dan mendapat informasi dari mana sehingga tahu ada penerimaan komcad,” jelas Slamet.

Lanjutnya,“Manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan siapkan diri baik fisik maupun mental. Harapanya perwakilan dari Kodim 0913/PPU bisa lulus dan lolos sesuai dengan harapan”, pungkasnya.

Adapun beberapa persyaratan untuk menjadi calon peserta Komcad antara lain, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, kemudian tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis dari pihak Kepolisian.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, Peserta Calon Komcad akan mengikuti tahapan seleksi administrasi dan seleksi kompetensi, yang dimulai pada tanggal 1 hingga 17 Juni 2022 mendatang, kemudian bagi yang dinyatakan lulus akan mengikuti pelatihan dasar militer selama Tiga (3) bulan.

Sumber Dim 0913/PPU

Post a Comment

0 Comments