Bupati Lotim Resmi Buka TMMD Ke 113 Kodim 1615/Lotim




Lombok Timur – Bupati Lombok Timur Drs. HM. Sukiman Azmy, MM., membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 tahun 2022 Kodim 1615/Lotim di Pendopo Bupati Lombok Timur, Selong, Rabu (11/5/2022).

Pembukaan TMMD yang dilaksanakan secara sederhana itu, dihadiri Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede, ST. M.Si., Forkopimda Lotim, instansi terkait dan undangan lainnya.

Usai laporan kegiatan TMMD yang dibacakan oleh Dandim 1615/Lotim selaku Dansatgas TMMD Letkol Inf Amin Muhammad Said, SH., Bupati Lombok Timur dalam sambutannya melalui TMMD ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur telah berkomitmen mengupayakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah hingga pelosok daerah dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak salah satunya TNI.

Dijelaskannya, kehadiran TNI ditengah-tengah masyarakat dalam kegiatan membangun di Desa merupakan salah satu wujud kepedulian dan peran TNI dalam melaksanakan pembinaan teritorial dan membantu mempercepat pemerataan program pemerintah daerah secara berkelanjutan dengan harapan terwujudnya kemanunggalan TNI-Rayat.

“TMMD ke 113 tahun 2022 meneruskan kerjasama dan sinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dengan Kodim 1615/Lotim selama satu bulan dengan mengalokasikan anggaran dari APBD Tahun 2022 sebesar Rp 1,6 milyar untuk pembukaan, perbaikan jalan dan jembatan, irigasi dan dukungan operasional lainnya,” ujar Sukiman.

Mantan Dandim 1615/Lotim itu juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada pimpinan TNI dan jajaran dan berharap agar bhakti TNI melalui pembangunan fisik dan non fisik selama TMMD ini bermanfaat untuk percepatan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan Danrem 162/WB dalam sambutannya menyampaikan program TMMD ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang nantinya akan bermuara pada kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Dalam program TMMD ke 113 Kodim 1615/Lotim, lanjutnya, memiliki dua program yakni program fisik berupa pembangunan 30 unit rumah dan program non fisik bagi masyarakat Desa Ekas Buana berupa berbagai kegiatan penyuluhan dan sosialisasi seperti wawasan kebangsaan, penanggulangan bencana alam, pelayanan KB Kes dan lainnya termasuk sosialisasi rekrutmen TNI dan penghijauan.

Jenderal Bintang Satu itu juga mengatakan dalam pelaksanaan program TMMD ini membutuhkan kerjasama dan sinergitas yang baik antar anggota Satgas TMMD dengan masyarakat agar pelaksanaannya berjalan lancar, maksimal dan tepat waktu.

Selain itu, Danrem 162/WB juga berharap kegiatan TMMD ini dapat membangkitkan kembali semangat gotong royong ditengah masyarakat karenanya pekerjaan yang berat akan menjadi ringan.

Ia juga meminta agar memanfaatkan kegiatan TMMD untuk dapat mempererat hubungan silaturahmi antara TNI khususnya anggota Kodim 1615/Lotim dengan masyarakat mengingat TNI lahir dan besar bersama rakyat.

Setelah TMMD ke 113 tahun 2022 Kodim 1615/Lotim dibuka oleh Bupati Lotim, acara dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.

Post a Comment

0 Comments