Luapan Air Sungai Mahakam Rendam Pemukiman Warga Di Muara Kaman Ini Yang Dilakukan Babinsa Muara Kaman



KUTAI KARTANEGARA - Tingginya curah hujan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam beberapa pekan terakhir membuat aliran dihulu sungai Mahakam meluap yang mengakibatkan pemukiman warga dibeberapa Kecamatan yang berada disepanjang bantaran sungai terendam. Selasa (5/4/2022).

Salah satu wilayah yang terbilang parah imbas dari luapan air Mahakam adalah Kecamatan Muara Kaman, hal tersebut dikatakan oleh salah satu Babinsa Koramil Muara Kaman, Sertu Nurkholis yang menyebutkan ketinggian air dipemukiman warga rata-rata mencapai sepinggang orang dewasa.

“Meluapnya aliran air sungai Mahakam dipengaruhi oleh tingginya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir dengan diperparah pasangnya sungai Mahakam membuat air naik kepemukiman warga karena besarnya debit air yang ada”, tambah Nurkholis.

Nurkholis juga mengungkapkan untuk mengantisifasi hal yang tidak diinginkan terjadi para Babinsa Koramil 0906-08/Muara Kaman Kodim 0906/ Kutai Kartanegara (Kkr) selalu aktif melakukan pengecekan door to door kepada warganya yang terimbas banjir, “Kami rutin melakukan pengecekan kepada warga bersama instansi terkait untuk memastikan keamanan warga”, tutupnya.

Meski pemukimannya terendam air namun aktifitas warga tetap berjalan seperti biasa, ini dikarenakan warga yang berada dibantaran sungai sudah terbiasa menghadapi situasi seperti ini sehingga mereka sudah mempersiapkan segala sesuatunya sebelum luapan air merendam pemukimannya.

Sumber Kodim 0906/Kkr

Post a Comment

0 Comments