Kuda Lumping Ramaikan Peresmian Kampung Pancasila Desa Giri Purwa Koramil Penajam




PENAJAM - Plt Bupati Kab. PPU yang di wakili oleh Kepala Kesbangpol Agus Dahlan resmikan Desa Giri Purwa sebagai kampung Pancasila yang bertempat di Pendopo Desa Giripurwa, Kecamatan PenajamKabupaten PPU , pada Kamis (31/03/2022)

Dalam sambutannya selain membacakan amanat Plt Bupati PPU, Agus Dahlan juga menambahkan,”Kita mengakui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai Negara masih dapat bertahan hingga saat ini berkat Pancasila, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan", ulasnya.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan nilai-nilai luhur dan agung yang berasal dan sekaligus merupakan jati diri bangsa Indonesia, satu hal yang menjadi catatan penting bagi kita sebagai warga bangsa adalah, kita memiliki Pancasila sebagai ideologi terbuka,” kata Agus Dahlan.

Sementara itu Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho  mengatakan bahwa "Kampung Pancasila  petunjuk dari Presiden Joko Widodo dan inplementasi dari Kepala Staf Angkatan Darat  dimana Kampung Pancasila merupakan perwujudan nilai-nilai luhur yang ada dalam kehidupan sehari-hari".

“Mengapa kita pilih Desa Giripurwa. Ada beberapa pertimbangan terpilihnya desa Giripurwa, seperti yang kita lihat disebelah kanan dan kiri dari kantor desa ada tempat ibadah dan juga ada sekolah. Itulah perwujudan dari lima sila yang ada dalam pancasila,” kata Dharmawan.

Selain itu lanjut Dharmawan masyarakat Desa Giripurwa sangat heterogen dengan harapan adanya kampung pancasila masyarakat bisa bersatu padu dan menjadi pioner bagi semua desa yang ada di PPU.

“Kami berharap kampung pancasila ini tidak hanya jadi simbolis tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan semua dukungan dari masyarakat khususnya yang ada di desa giripurwa,” Bebernya.

Lanjutnya, saat ini paham-paham radikalisme, ujaran kebencian dan kata-kata provokatif melalui media sosial yang dapat memecah belah bangsa dan negara semakin merebak.

“Dengan diresmikannya Kampung Pancasila ini saya berharap dapat menjadi wujud antisipasi bagi kita semua, dengan bersama-sama membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” tutupnya.

Dalam peresmian Kampung Pancasila, tersebut selain pemberian cindera mata dari Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan kepada Kades Giri Pura dan pemberian hadiah kejutan oleh Danramil Penajam juga di meriahkan pula oleh kesenian kuda lumping “Turonggo Patra Budoyo Mukti ”yang berasal dari Desa Giri Mukti .

Sumber Kodim 0913/PPU

Post a Comment

0 Comments