Babinsa Koramil Penajam Hadiri Launching Program Kampung Iklim (PROKLIM)



PENAJAM - Bertempat di Pendopo Ekowisata Mangrove, Kelurahan Kampung Baru PPU, Babinsa Kelurahan Kampung Baru Koramil 0913-01/Penajam Kodim 0913/PPU Serda Alimin menghadiri acara Launching Program Kampung Iklim (PROKLIM) yang di gelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara. Jum'at (1/04/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten PPU, Ir. H. Ahmad Usman M. AP dalam sambutannya mengatakan PROKLIM merupakan program lingkup nasional dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat.

"Serta pemangku kepentingan untuk penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah," ujar Ahmad Usman.

Lanjut Ahmad Usman, sebagaimana yang kita ketahui, dampak-dampak perubahan iklim dapat kita saksikan dan kita rasakan seperti perubahan pola intensitas dan pergeseran parameter utama iklim seperti curah hujan, suhu, kelembaban, angin dan penguapan.

"Perubahan iklim dapat menimbulkan resiko besar bagi kesehatan manusia dan keamanan pangan serta dampak lebih besar yaitu resiko terganggunya pembangunan ekonomi," bebernya.

"Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kab.PPU, saya harapkan dapat bekerja sama dengan pihak pelaksana PROKLIM yaitu masyarakat Kelurahan Kampung Baru, dan pihak pendukung yaitu PHKT, melakukan koordinasi dengan instansi di provinsi maupun di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," harap Ahmad Usman.

Di akhir sambutan ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pihak Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Pos Pol TNI Angkatan Laut atas partisipasinya juga sebagai mitra pendukung, yang menerapkan Konsep pembedayaan masyarakat (Community Based Development), berbasis sumber daya lokal (local Resurce Based) dan berkelanjutan (Sustainable).

Dalam kegiatan tersebut juga di hadiri oleh, Plt Bupati yang di wakili Asisten    Perekonomian Ir Ahmad Usman, Perwakilan dari PHKT M Fadli, Kepala Dines DLH Ibu Tita Dy, Danpos TNI AL Peltu Suharsono, Andi Triaso ( Diskan ppu ), Agus Taswanto (Bapedda PPU), Lurah dan Staf Kel Kmp Baru, Babinsa Kel Kmp Baru Serda Alimin, Babinkantibmas Kmp Baru, Ketua RT sekampung baru, Ketua dan Anggota Kelompok   DARWIS beserta masyarakat .

Sumber Kodim 0913/PPU

Post a Comment

0 Comments