Tradisi Pedang Pora dan Tarian Adat Dayak Sambut Danrem 091/ASN Kolonel Inf Dendi Suryadi, S.H., M.H.



SAMARINDA - Pejabat Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) telah diserahterimakan dari Brigadir Jenderal TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si.  kepada Kolonel Inf Dendi Suryadi, S.H., M.H., di Makodam VI/Mulawarman, Balikpapan, yang dipimpin langsung oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso. Pada Rabu (16/3/2022).

Acara tradisi penerimaan pejabat Danrem 091/ASN Kolonel Inf Dendi Suryadi, S.H., M.H., di awali dengan prosesinya penyambutan dengan pengalungan bunga dan penyerahan bunga tangan kepada Ny. Ira Dendi Suryadi di depan pintu gerbang utama Makorem 091/Asn oleh Kasrem Kolonel Inf Khabib Mahfud, S.I.P dan istri, kegiatan dilanjutkan dengan terima jajar kehormatan regu jaga Kesatrian Makorem 091/Asn dan tradisi pedang pora. Kamis (17/3/2022). 

Pejabat Danrem dan istri memasuki Makorem disambut oleh Para Kasi Kasrem 091/ASN, para Komandan satuan, Kabalak Aju Kodam VI/Mulawarman, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana  Korem 091/ASN sambil menyanyikan lagu Mars Korem 091/ASN.

Setelah itu pejabat Danrem 091/ASN Kolonel Inf Dendi Suryadi, S.H., M.H., dan ibu melaksanakan ritual tepung tawar yang di iringi dengan tarian dan alunan musik sape khas adat dayak bahau. Acara dilanjutkan dengan tradisi penerimaan dan prosesi penciuman dhuaja Korem 091/ASN di ruang Hall Makorem 091/ASN dilanjutkan dengan penandatanganan buku korps raport masuk satuan dan penandatanganan buku tradisi satuan dan penghormatan Dhuaja Korem 091/ASN. Dalam acara tradisi tersebut, Persit juga melaksanakan kegiatan Paripurna di kantor Makorem 091/ASN.

Memasuki acara pokok yakni pengantaran Brigadir Jenderal TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si dan Ibu menerima pengalungan Bunga oleh Danrem 091/ASN dan menuju keluar diiringi seluruh pejabat Korem 091/ASN dilakukan upacara pedang pora. Seremonial Kemiliteran ini sekaligus mengantarakan Brigadir Jenderal TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si dan Ibu menuju Gerbang Makorem 091/ASN yang selanjutnya akan bertugas sebagai Kapok Sahli Danpusterad.

Danrem 091/ASN Kolonel Inf Dendi Suryadi, S.H., M.H.,di damping Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 091 PD VI/Mlw mengatakan “Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta'ala pada pagi hari ini diberi nikmat kesehatan dan bisa hadir disini dan terima kasih dalam rangka Acara Pisah Sambut Danrem 091/ASN”.

“Saya menghabiskan masa kanak-kanak saya di Kota Samarinda SD Teladan, SMP Negeri 1 Samarinda dan SMA 1 Samarinda dan sempat Kuliah satu semester di Unmul kemudian daftar Akmi dan lulus pada tahun 1993 dari kecabangan Infanteri dan sudah berdinas dimana-mana dengan dinamika tugas yang berbeda- beda”, ungkapnya.

Danrem menambahkan “Sebagai orang Kutai dan diberi kepercayaan sebagai sebagai Danrem 091/ASN di Kaltim sangat bersyukur,dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas-tugasnya, kami minta dukungan dan kerjasamanya”. 

“Pada kesempatan ini terimakasih banyak kepada senior saya Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.M dan Ibu atas dedikasinya selama ini dan kami akan melanjutkan tugas-tugas yang sudah berjalan selama ini, semoga ditempat yang baru tetap sukses dan lancar. Kami selaku Danrem 091/ASN selama mengemban tugas kedepan di Prov. Kaltim, mohon dukungan dan kerjasamanya demi kemajuan pembangunan dan kondusifitas Prov. Kaltim”, tutupnya.

Sedangkan Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P., M.Si didampingi Ibu menyampaikan “Apa yang disampaikan oleh Danrem 091/ASN dengan kondisi di Kaltim berbeda dengan daerah lain, saya pertama kali berdinas disini pada bulan April 2020 dengan dihadapkan dengan banjir di Kota Samarinda dan langsung turut membantu pemerintah daerah”.

“Saya sudah berdinas dimana-mana tetapi di Kaltim sangat kondusif seperti menjadi rumah harapan, sehingga dengan ditetapkannya IKN (Ibu Kota Negara Nusantara) di Kaltim itu sangat tepat berkat peran besar Bapak Gubernur Kaltim”, katanya.

“Semua Forkopimda di Kaltim sangat membantu kami selama menjadi Danrem 091/ASN. Pesan saya kepada rekan Prajurit tetap jaga kesehatan, kompak dan terimakasih untuk semua kepada jajaran Korem 091/ASN, Forkopimda dan rekan Prajurit yang berdinas di wilayah. Mohon maaf apabila ada kekurangan dan kekhilafan selama berdinas di Korem 091/ASN, karena kami selaku manusia biasa mohon dimaklumi dan dimaafkan” tutupnya.

Sambutan Gubernur Kaltim, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si. mengatakan “Mari kita tetap jaga kesehatan masing-masing terutama pada situasi pandemi Covid-19 dengan mematuhi Prokes Covid-19. Selamat datang Danrem 091/ASN beserta Ibu mudahan dalam mengemban tugas kedepan di Kaltim tetap aman dan lancar. Terimakasih banyak kepada Danrem 091/ASN yang lama atas kinerja dan kerja samanya selama ini semoga ditempat yang baru bisa menyesuaikan”.

Kami merasa bangga karena Danrem 091/ASN yang baru merupakan putra daerah asal Prov. Kaltim. Dengan ditetapkannya IKN di Kaltim kedepan adalah milik kita semua, dalam mengelola IKN ada orang-orang daerah dilibatkan yang penting punya kapasitas.

Mari kita saling kerja sama dengan saling mengingatkan demi kemajuan Prov. Kaltim agar tetap aman dan kondusif. Karena di Prov. Kaltim itu tidak pernah konflik SARA berbeda dengan daerah Prov. yang lain di Pulau Kalimantan, masyarakatnya cinta damai.

Acara tradisi pisah sambut Danrem 091/ASN dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protkes Covid-19.

Sumber Penrem 091/ASN

Post a Comment

0 Comments