Persiapan Pembentukan Kampung Pancasila, Koramil Penajam Bersama Masyarakat Laksanakan Gotong Royong




PENAJAM - 
Segenap Personil dari Koramil 0913- 01/Penajam Kodim 0913/PPU bersama perangkat Desa dan warga masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan dan pendirian gapura dalam rangka kesiapan pembentukan Kampung Pancasila di Desa Giri Purwa, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Sabtu (26/3/2022).

Dalam keteranganya dilokasi tempat kerja bakti, Danramil Penajam Kapten Inf Aluy mengatakan "Pendirian Kampung Pancasila sesuai dengan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., untuk membentuk Kampung Pancasila di tiap-tiap Koramil dengan tujuan untuk mengingat kembali dan meningkatkan jiwa luhur Pancasila sebagai dasar negara.

“Pancasila bagian dari kehidupan bangsa Indonesia yang harus dipertahankan. Tujuan dibentuk Kampung Pancasila ini untuk membangkitkan kembali semangat Pancasila kepada warga kita supaya mengingat kembali, melaksanakan kembali, apa saja yang sudah tertuang dan tercantum dalam Pancasila. 

Diharapkan ideologi Pancasila dapat dilaksanakan oleh masyarakat dengan wujud nyata di wilayah,” papar Danramil.


Terpilihnya Desa Giri Purwa ini karena memiliki kehidupan pluralitas yang terjaga. “Jadi wilayah Giri Purwa pertama kalinya yang ada di Kab. PPU boleh dikatakan menjadi Indonesia Kecil. Dimana masyarakatnya heterogen, terdapat keragaman Suku maupun Agama namun interaksi sosialnya terjaga dengan damai. Di wilayah Perumahan ini juga terdapat rumah ibadah Masjid, Gereja.”ulasnya.

“Kampung Pancasila ini harapannya tidak sekadar nama wilayah, namun juga menjadi meresap di setiap jiwa masyarakatnya yang memiliki jiwa Pancasila. Jiwa Pancasila itu antara lain memiliki semangat cinta tanak air dan bela negara, menjunjung tinggi nilai toleransi, saling menghormati dan menghargai. Memiliki jiwa sosial saling membantu, saling mendukung dan memberi. Kalua nilai-nilai Pancasila ini bias meresap dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,’pungkas Danramil.

Masih kata Danramil,“Masyarakat sangat antusias akan dibentuknya Kampung Pancasila di Desanya, terlihat mereka sangat kompak membantu penyiapan mulai dari pembersihan, pembuatan gapura serta pengecatan tiang bendera dan umbul-umbul ditiap  rumah, termasuk pemasangan spanduk Pancasila di depan Kantor Desa Giri Purwa,”tutupnya.”tutupnya.

Sumber Kodim 0913/PPU

Post a Comment

0 Comments