Implementasi Pengamalan Pancasila,Babinsa Koramil Penajam Siapkan Kampung Pancasila




PENAJAM - Untuk lebih memperkuat nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kodim 0913/PPU melalui Koramil 0913-01/Penajam mempersiapkan calon Kampung Pancasila yang terletak di Desa Giri Purwa, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dalam mengawali kegiatannya Babinsa Koramil Penajam yang terdiri dari Babinsa Giripurwa Serka Rais Yudha bersama Babinsa Nenang Serka Endratno dan Babinsa Sidorejo Serda Djatmiko memberikan wawasan kebangsaan kepada anak murid SDN 024 Penajam yang terletak di Desa Giripurwa Kecamatan Penajam Kabupaten PPU.Selasa (22/3/2022).

Kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan rapat guna mensosialisasikan rencana pembentukan Kampung Pancasila kepada perangkat Desa, yang di hadiri oleh Danramil Penjam Kapten Inf Aluy M beserta Batuud dan Babinsa,Kades Desa Giri Purwa Bpk Ferry beserta perangkat Desa termasuk Kepala Dusun dan para Ketua RT Desa Giri Purwa.

Danramil Penajam Kapten Inf Aluy M menjelaskan,” Kenapa Desa Giri Purwa Kita pilih sebagai Kampung Pancasila,yang pertama kita sudah melalui kajian dari pimpinan yang mana awalnya kita ajukan dua (2) Desa ,akan tetapi Desa Giri Purwa, Inilah yang terpilih sebagai Kampung Pancasila,”pungkasnya.

“Salah satunya kita membentuk wawasan kebangsaan tingkat anak-anak baik itu tingkat SD maupun SMA melalui para Babinsa Koramil Penajam dengan memberikan wawasan kebangsaan terkait dengan idiologi Negara Kesatuan Republik Indonesia di sekolah-sekolah,”kata Danramil.

Lanjutnya, Dengan harapan nantinya akan terciptanya pelajar Pancasila sehingga terwujud manusia beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

Masih kata Danramil, “Dengan rencana dibentuknya Kampung Pancasila ini, harapannya warga Desa Giri Purwa selalu hidup rukun berdampingan atas keragaman yang ada, dengan mengamalkan nilai-nilai yang ada pada Pancasila dalam aktifitas keseharian.

Kampung Pancasila ini juga ditujukan sebagai tempat pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas, agar selalu bergotong – royong, guyub rukun dan seduluran saklawase serta salah satu bentuk kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan tujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan warga di wilayah binaan.” jelas Kapten Inf Aluy.

Sumber Kodim 0913/PPU

Post a Comment

0 Comments