Upacara HKN, Dalam Amanatnya Dandim 1008/Tbg Imbau Laksanakan Prokes dan Vaksinasi




TABALONG. Dandim 1008/Tabalong, Letkol Inf Ras Lambang Yudha menjadi pembina upacara dalam upacara Hari Kesadaran Nasional Bulan Februari 2022 di Taman Giat Kota Tanjung, Kamis (17/2/2022). 

Upacara Hari Kesadaran Nasional tahun 2022 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong turut dihadiri Bupati Tabalong, Wakil Bupati Tabalong beserta Kapolres Tabalong. 

Dalam amanatnya Dandim 1008/Tabalong mengatakan, memasuki bulan Februari 2022 ini masih dihadapkan dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Pada gelombang kali ini, kasus yang terkonfirmasi sepertinya terus melonjak dari berbagai daerah. Sampai dengan hari ini kasus positif yang tercatat di Indonesia sudah mencapai 4.901.328 orang dengan berbagai jenis varian. 

Adanya wabah virus Corona yang telah dirasakan selama kurang lebih 2 tahun ini bukan hanya berimbas pada aspek kesehatan, namun juga sangat berdampak pada sektor perekonomian hampir di semua lini. 

“Adanya wabah virus Corona tidak hanya berimbas namun juga sangat berdampak pada sektor perekonomian,” ujarnya. 

Disisi lain, terdapat sedikitnya berita yang menyejukkan, bahwa dari data tersebut meskipun terjadi lonjakan penularan kasus harian namun tidak disertai dengan tingginya mortality rate (angka kematian). 

Hal ini tentunya tidak terlepas dari gencarnya kegiatan vaksinasi yang bertujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus tersebut. 

“Hal ini tidak terlepas dari gencarnya kegiatan vaksinasi,” tuturnya. 

Ia juga menyampaikan, ditinjau dari segi kesehatan hanya ada dua rumusan sebagai penangkal Covid-19. “Yaitu melaksanakan protokol kesehatan dan vaksinasi,” ucapnya. 

Sesuai dengan target pemerintah diharapkan pada akhir Februari ini vaksinasi lansia dosis 1 di setiap wilayah sudah 70 persen, dan vaksinasi anak ditergetkan mencapai 60 persen, selanjutnya pada akhir Maret 2022 diharapkan vaksinasi dosis 1 secara umum sudah mencapai 100 persen. 

Namun target tersebut tidak akan tercapai bila tidak didukung oleh kesadaran seluruh komponen masyarakat. 

“Tentunya hal ini masih menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” katanya. 

Dandim melanjutkan, tidak terasa sudah 2 tahun dirinya bertugas di Kabupaten Tabalong. “Alhamdulillah dibalik kemajemukan masyarakat, keanekaragaman budaya dan agama, terdapat toleransi yang sangat tinggi. Kondusiifitas keamanan dan percepatan pembangunan di Kabupaten Tabalong sangat luar biasa,” katanya. 

Berbagai tantangan dan dinamika kerawanan bibit-bibit potensi konflik sejauh ini dapat dieliminir dan terselesaikan dengan baik.
Semua berkat kekompakan, kerjasama dan kerja keras semua. 

Ia atas nama satuan mengucapkan banyak terimakasih terhadap Bupati beserta jajaran ASN baik tingkat kecamatan termasuk aparat desa, Kapolres beserta jajarannya dari tingkat Polsek hingga Babinkamtibmas, Kompi A Yunif 621/Manuntung, Kompi Brimob, termasuk seluruh komponen terkait yang ikut membantu mensukseskan program pemerintah khususnya dalam bidang pertahanan. 

Ia selalu berharap daerah ini akan semakin maju dan berkembang, baik pembangunan maupun yang menyangkut kesejahteraan masyarakat. (Pendim1008).

Post a Comment

0 Comments