Dandim 1005/Barito Kuala Hadiri Pembukaan Pasar Rakyat Dalam Rangka Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala



BARITO KUALA-Acara Pembukaan Pasar Rakyat Dalam Rangka Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala bertempat di Terminal Marabahan Kel. Marabahan Kota Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.Selasa(11/01/2022)


Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Bupati Batola Hj. Noormiliyani A.S,S.H, Wakil Bupati Batola H. Rahmadian Noor, ST, Ketua DPRD Batola Bpk. Saleh, Sekda Batola Ir. H. Zulkipli Yadi Noor,M.Sc, Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono,S.Sos.,M.Tr.(Han), Kapolres Batola AKBP Lalu Moch. Syahir Arif S.I.K,MM, Kajari Barito Kuala Bpk. Eben Neser Silalahi,SH.,MH, Staf Ahli Bupati Batola Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bpk. Rusmadi,S.Sos,MA, Staf Ahli Bupati Batola Bidang Politik dan Pemerintahan Bpk. Suyud Sugiono,S.IP, Ketua KONI Kab. Batola Drs. Dahlan, Ketua KNPI Batola Bpk. Hery Sasmita,SSTP.,M.AP, Para Camat jajaran Pemda Batola, Kepala Cabang Bank Kalsel Marabahan Bpk. Akhmad Fauzi Noor, Kepala Cabang BRI Marabahan Bpk. Safril Setyo,Ketua TP. PKK Kab. Batola Hj. Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor.

Adapun Rangkaian Kegiatan Acara antara lain, Pembukaan, Pembacaan Do'a, Laporan Ketua Panitia Pelaksana Oleh Ir. H. Zulkipli Yadi Noor,M.Sc. Persenbahan Tari Talabet, Proses Pemotongan untaian Melati sebagai tanda dibukanya Pasar Rakyat, Peninjuan Pasar Rakyat bersama para tamu undangan.

Sambutan Bupati Barito Kuala yang pada intinya menyampaikan, Pasar Rakyat ini untuk menggiatkan dan menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan, memberikan wadah promosi produk lokal unggulan daerah serta menumbuhkan semangat bagi UMKM dan usaha sejenisnya untuk lebih aktif dalam berbagai usaha perekonomian dan kerajinan sehingga bisa menumbuhkan menumbuhkan perkembangan ekonomi kreatif yang lebih maju 
Didalam upaya kita bersama meningkatkan hasil hasil Pembangunan daerah di seluruh wilayah Kabupaten Barito Kuala sebagaimana biasa pada setiap tahun kita biasanya mengadakan pameran pembangunan tapi untuk kali ini ada kegiatan yang berbeda yaitu kita melaksanakan paksa rakyat yang akan kita laksanakan mulai tanggal 10 Januari sampai dengan 24 Januari 2022 

Pada event pasar rakyat ini kita harapkan dapat menjadi etalase yang dapat menunjukkan produk-produk Lokal unggulan daerah dan untuk peningkatan sektor ekonomi yang lebih baik.

Seperti kita ketahui bersama, efek dari Pandemi Covid-19 yang mengakibatkan ke pemasaran sampai dengan berkurangnya pendapatan masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Barito Kuala terus mendorong para pelaku usaha untuk lebih kreatif untuk membeli produk-produknya dan inovatif dalam mengikuti pasar serta dapat memanfaatkan teknologi secara profesional maka akan berdampak dengan meningkatnya pemasaran produk karena soal-soal pemasaran selalu menjadi masalah besar bagi kalangan UMKM.

Disamping soal modal untuk itu Pemerintah Kabupaten Barito Kuala akan berusaha berusaha semaksimal mungkin membantu persoalan dihadapi oleh pengusaha kecil ini salah satunya dengan menggencarkan promosi lewat berbagai sarana mulai dari pemberitaan berbagai media dan bergelar pasar rakyat seperti ini

Kepada seluruh peserta rakyat baik dari pelaku UMKM, PKL dan para penjual kuliner dan lain-lain ya ikut berpartisipasi di dalam pasar rakyat ini pesan kami mari kita bersama-sama mendukung kegiatan ini supaya kedepan bisa berdampak positif untuk masyarakat Barito Kuala

Pada saat penutupan pasar rakyat akan diundi ada dua paket umroh dan 3 sepeda motor untuk yang masyarakat yang melakukan vaksinasi disuruh Kabupaten Barito Kuala untuk dosis satu. Dengan senantiasa mengharap ridho dan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa dengan diiringi ucapan Bismillahirrohmanirrohim pada hari ini Senin tanggal 10 Januari Tahun 2022 pasar rakyat dalam rangkaian meramaikan dan menyemarakkan hari jadi ke-62 Kabupaten Barito Kuala secara resmi kami nyatakan dibuka.


Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono,S.Sos.,M.Tr.(Han) Menyampaikan dalam Pembukaan Pasar Rakyat Dalam Rangka Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala, Saya akan mendukung penuh kegiatan ini karena ini suatu kegiatan yang positif, tak lupa saya juga mengucapkan saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan  program peningkatan repitalisasi atau peningkatan pasar tradisional ditengah maraknya globalisasi dengan munculnya pasar modern,” ungkapnya.

Kemudian, Ia juga meminta untuk fungsikan pasar ini sebagaimana fungsinya, serta agar terus menjaga kebersihan lingkungannya, sehingga Masyarakat terasa nyaman dan bersih oleh para pembeli khususnya.

Pasar Rakyat ini memiliki fungsi strategi yang tidak hanya terbatas dari aspek ekonomi tetapi juga dari aspek sosial budaya, bahkan pasar rakyat diharapkan dapat memberikan konstribusi terhadap ketahanan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil di wilayah Kabupaten Barito Kuala.(Pendim 1005)

Post a Comment

0 Comments