Sepenggal Kisah Pengabdian Korem 081/DSJ di Tahun 2021



Tahun 2021 terbilang tidaklah mudah bagi satuan Korem 081/DSJ yang bermarkas di Kota Madiun itu. Banyak berbagai tugas besar yang harus mereka lakukan sepanjang tahun tersebut. Namun dengan semangat, upaya dan kerja keras, mereka mampu menjawab dan melaksanakannya dengan baik.

Sebut saja di awal tahun 2021 atau tepatnya pada 14 Februari 2021, Korem 081/DSJ sudah harus dihadapkan dengan bencana alam tanah longsor di Ngetos, Nganjuk. Dampak bencana alam tersebut cukup besar, hingga mengakibatkan belasan masyarakat menjadi korban jiwa dan puluhan rumah rusak berat.

Berbagai upaya penanganan terus mereka lakukan guna mengatasi adanya bencana tersebut, mulai dari proses evakuasi para korban, membantu para pengungsi dan keluarga korban, hingga proses rehabilitasi.

Selang dua bulan dari bencana tersebut, Korem 081/DSJ juga dihadapkan dengan adanya bencana alam gempa bumi di Malang. Namun gempa itu juga berdampak di beberapa wilayah di jajaran Korem 081/DSJ, mulai dari Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek.

Blitar yang berbatasan langsung dengan Malang yang menjadi pusat gempa menjadi daerah yang terparah akibat gempa tersebut. Tercatat belasan warga mengalami luka-luka dan 202 bangunan rusak akibat dari gempa yang berkekuatan 6,2 Magnitudo.

Sama halnya dengan bencana longsor di Nganjuk, Korem 081/DSJ dan jajarannya juga terus bergerak cepat dan bersinergi dengan berbagai instansi terkait dalam upaya penanganannya. Tak kurang ratusan prajurit dari seluruh jajaran Korem 081/DSJ diterjunkan untuk membantu proses evakuasi maupun rehabilitasi.

Masih di tahun yang sama, Korem 081/DSJ juga dihadapkan dengan tugas Negara berupa pengamanan VVIP terhadap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Mulai dari Kunker Jokowi di Pacitan, Madiun, Ponorogo, Blitar, Trenggalek dan Ngawi.  

Berkat kesiapan dan kesigapan dari mereka, tugas tersebut mampu dan berhasil dilaksanakannya dengan baik dan membanggakan.

Semakin baiknya penanganan Covid-19 saat ini, baik secara nasional maupun di 
Jawa Timur juga tidak terlepas dari berbagai upaya yang mereka lakukan selama tahun 2021.

Berpacu dengan waktu, Korem 081/DSJ terus bekerja keras dalam melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan. Mulai dari operasi penegakan dan pendisiplinan protokol kesehatan, pendampingan kampung tangguh, penanganan pasien Covid-19, rapid tes massal, pembagian masker dan hand sanitizer gratis, penyemprotan disinfektan, serbuan vaksinasi dari anak-anak hingga lansia, serta membantu berbagai masyarakat terdampak.

Kini satuan yang di bawah komando dari Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho itu siap menyongsong berbagai tugas dan pengabdian mereka di tahun 2022 mendatang.

Post a Comment

0 Comments