Penyuluhan Penanggulangan Bencana Banjir Dalam Rangka TMMD Ke 112 Kodim 0908/Bontang TA 2021



BONTANG - Kodim 0908/Bontang bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) kota Bontang memberikan penyuluhan tentang penangulangan bencana alam Banjir dalam rangkaian kegiatan TMMD ke 112 TA 2021, di Aula Kantor Kelurahan Api-Api, kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Sabtu (9/10/2021).

Mengawali kegiatan penyululuhan penanggulangan bencana alam, Pasiter Kodim 0908/Bontang Kapten Inf Niko memberikan pengarahan kepada karang taruna kelurahan Api-Api dan Anak Pramuka saka Wira Kartika di Aula kelurahan Api-Api.

Pasiter mengungkapkan, bahwa penyuluhan ini sangat penting warga kelurahan Api-Api , mengingat. Kelurahan Api-Api termasuk wilayah yang rentan terhadap terjadinya bencana alam banjir. Oleh karena itu, masyarakat dan keluarganya perlu untuk mendapatkan materi tentang bagaimana cara dan upaya agar terhindar dari bencana alam banjir tersebut.

Andri Lesmana perwakilan dari BPBD kota Bontang sebagai narasumber menjelaskan  ringkasan gambaran tentang penanggulangan bencana alam banjir, perbedaan bencana alam dan non alam, pengenalan terhadap bencana, dan jenis-jenis bencana, pemberitahuan kejadian serta cara untuk mengurangi resikonya.

“Secara umum mitigasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi, menghapus kerugian dan korban yang mungkin terjadi akibat bencana, dengan cara membuat persiapan sebelum terjadinya bencana,” terang Andri Lesmana.

Sehingga menurutnya program kerja ini bertujuan guna menambah wawasan warga, mengenai mitigasi bencana alam banjir dan mengurangi resiko atau dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam khususnya bagi warga.

Sumber Dim 0908/Bontang

Post a Comment

0 Comments