Personel Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Kembali Renovasi RTLH Milik Warga Kurang Mampu




Belu NTT - Program semenisasi dan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH) oleh Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur sampai saat ini masih berjalan. 

Hari ini, Danpos Turiscain Kipur II Serka Sigit Roniwan, A.Md.Kep., kembali menyerahkan satu unit rumah milik Martinarous (56) warga Dusun Siarai Desa Maumutin Kecamatan Raihat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Rabu (15/9/2021).

Menurut Danpos Turiscain, semenisasi dan renovasi RTLH ini sebelumnya sudah beberapa kali dilakukan ditempat yang berbeda sebagai bentuk kepedulian Satgas terhadap warga binaan pos dengan menyiapkan material yang dibutuhkan seperti semen, pasir dan coral, batako, kayu, cat dan lainnya.

Dari beberapa rumah yang sudah direhab selalu mengedepankan skala prioritas dengan mengecek kondisi pemilik maupun rumah yang akan disemenisasi atau direhab dan disesuaikan dengan kemampuan pos.

"Alhamdulillah ini rumah yang ke lima kami perbaiki dan hari ini kami menyerahkan langsung kepada pemiliknya, semoga bermanfaat," ujar Sigit Roniwan.

Terpisah, Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur disela-sela menyiapkan Kunker Pangdam IX/Udayana di Pos Silawan memberikan apresiasi atas semangat dan motivasi personelnya untuk senantiasa memberikan yang terbaik kepada masyarakat binaannya meskipun belum maksimal.

"Alhamdulillah ditengah keterbatasan, beberapa pos masih bisa membantu warga untuk memperbaiki rumah agar lebih layak untuk ditempati, ini patut diapresiasi," ungkap Dansatgas.

Rumah menurutnya, merupakan salah satu kebutuhan pokok sebagai tempat berlindung dari terik panas matahari maupun hujan, tempat berkumpul dan beristirahat bersama keluarga.

Bayu Sigit juga berharap komunikasi dan kebersamaan yang selama ini sudah terbangun dengan baik dapat mempererat silaturahmi dan hubungan emosional antara pos dan masyarakat yang bermuara pada terwujudnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat di wilayah perbatasan.

Sementara pemilik rumah Martinarous merasa terharu dan senang atas upaya pos yang merehab rumahnya sehingga lebih nyaman untuk di tempati.

"Terimaksih pak Komandan Satgas Yonif 742/SWY atas bantuannya, semoga diberikan kelancaran dan kemudahan dalam bertugas," tutupnya.

Post a Comment

0 Comments