Kebersihan Awal dari Kesehatan, Satgas Pamtas TNI Yonmek 403/WP Bantu Operasi Sunat Anak Remaja di Wilayah Perbatasan RI-PNG




KEEROM, – Dalam rangka mengajak masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat, Tim kesehatan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista mendorong masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan tubuhnya salah satunya dengan membantu melaksanakan sunat atau khitan pada anak yang sudah beranjak dewasa di Kampung Woslay, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Senin, (13/09/2021).

Diungkapkan Dansatgas bahwa kegiatan sunat atau khitan yang dilakukan Tim Kesehatan Pos Kotis tersebut merupakan satu rangkaian dalam kegiatan komsos bidang kesehatan yang dilaksanakan di kampung Woslay, Distrik Senggi, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Danton Kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Ckm Dariyanto bersama tim kesehatan Pos Kotis dilaksankan di kediaman Bapak Acong selaku orang tua dari pasien sunat atas nama Muhammad Heri (13).

“Kegiatan sunat ini memang sudah biasa dilakukan oleh anggota kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista selama masih berada di home base Yogyakarta, biasanya warga sekitar Yonmek 403/WP pada hari weekend datang ke Klinik Kesehatan kami untuk menyunatkan anaknya dan pelaksanaan sunat tersebut tidak dipungut biaya,” ungkap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danton Kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letda Ckm Dariyanto mengatakan bahwa selama proses berlangsungnya operasi kecil sunat atau khitan tersebut pasien tidak merasakan sakit yang berlebihan saat disunat hanya seperti digigit semut kecil saja ucapnya, dan pasien sangat senang, riang serta kooperatif mengikuti petunjuk petugas kesehatan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista selama berlangsungnya operasi kecil tersebut. 

“Kegiatan sunat atau khitan ini sangat positif dipandang masyarakat dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan dari tim kesehatan Satgas kami, sebab masyarakat tidak perlu ke rumah sakit dengan jarak tempuh yang cukup jauh untuk menyunat anaknya selain itu keluarga pasien tidak kami bebankan biaya sedikitpun atau secara cuma-cuma,” kata Dariyanto.

Sementara itu, orang tua dari pasien atas nama Bapak Acong (43) mengucapkan rasa senang dan terimakasih kepada Tim Kesehatan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista, karena telah berkenan membantu secara cuma-cuma menyunatkan anaknya, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke Rumah Sakit untuk melaksanakan sunat.

“Terimakasih Bapak TNI telah bantu anak saya dalam proses sunat, kami sekeluarga merasa terbantu dengan kehadiran Satgas Yonif 403 Pos Senggi, Semoga kebaikan Bapak TNI mendapat balasan yang lebih baik lagi dari Tuhan,” ujar Acong. (Pen Satgas Yonif Mekanis 403/WP)

Post a Comment

0 Comments