Syukuran Bersama Warga, TNI Ajarkan Pembuatan Lemang di Papua




Koya Koso - Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Pos Koya Koso syukuran bersama masyarakat sambil mengajarkan lemang untuk hidangan syukuran warga di Kampung Koya Koso Distrik Abepura Kota Jayapura.

Hal tersebut diungkapkan Wadan Satgas Yonif 131/Brs  Mayor Inf Achmad Muzani CH dalam rilis tertulisnya di KM 31 Kampung Sanggaria Arso 1 Distrik Arso Barat Kab Keerom Papua (01/07/2021)

Diungkapkan Wadan Satgas Lemang merupakan makan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia yang bahanya terbuat dari beras ketan, dibungkus dalam bambu lalu di bakar.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Danpos Koya Koso Letda Inf Iswandi tersebut dimulai dari proses pengolahan beras ketan hingga menjadi lemang.
“Kita selalu mendorong bersama-sama dengan warga dengan ikut mengajarkan dan mempelajari pembuatan makanan khas masyarakat Indonesia yaitu lemang", ujarnya.

Ditempat terpisah Danpos Koya Koso mengatakan
lewat kegiatan ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk lebih mencintai dan menghargai kuliner nusantara yang tidak ternilai harganya agar tetap hidup di tengah masyarakat Indonesia sebagai salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari budaya luhur bangsa.

“Ini merupakan kepedulian kita (Satgas) untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan warisan kuliner asli Indonesia agar tidak pudar diterjang serbuan makanan internasional", pungkas Danpos.

Ibu Defi (34 th) salah seorang warga mengatakan bahwa pembuatan lemang  yang dilakukan bersama-sama dengan warga langsung disantap secara bersama.
“kali ini kami sangat senang karena diajarkan cara pembuatan lemang oleh Pos TNI, biasanya kami membuat lemang hanya untuk kosumsi sendiri sekarang kami membuat lemang untuk dimakan bersama-sama dengan warga lainnya", ucap Defi.

Post a Comment

0 Comments