Jelang HUT Batalyon, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Bersama Warga Benahi Gereja di Wilayah Perbatasan RI-PNG




KEEROM, – Jelang Hari Ulang Tahun ke-56 Yonif 403/Wirasada Pratista tahun 2021, Personil Pos Towe Hitam Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista mengajak masayarakat bersama-sama dengan gotong royong membersihkan, mengecat dan merenovasi Gereja Katolik Santo Yohanes di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua.
 
Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Selasa, (13/07/2021). 

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan ini pada umumnya merupakan bagian dari rangkaian kegiatan teritorial Satgas Pamtas dalam mendukung kegiatan kerohanian keagamaan di wilayah perbatasan RI-PNG, salah satunya dengan membantu warga menyiapkan sarana ibadah yang layak dan nyaman untuk digunakan masyarakat kampung towe hitam dalam rangka mendekatkan diri kepada Tuhan sang pencipta.

“ini merupakan wujud pembuktian TNI dan masyarakat yang sama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi umat beragama, bahwa kami ada di sini untuk membantu setiap sendi-sendi kehidupan bermasyarakat selain itu juga untuk mendukung program pemerintah Keerom dalam percepatan pembangunan rumah ibadah,” ucap Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Towe Hitam Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letda Inf Redo yang memimpin langsung kegiatan ini menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah Pembenahan almari, mimbar, meja, kursi, tangga, pagar yang sudah rusak, Pengecatan bagian dalam gereja,  membersihkan bagian dalam Gereja, Pengecatan tembok bagian luar, memangkas rumput di halaman gereja, merenovasi bangunan Gereja yang masih berjalan sampai dengan hari ini, Pengecatan Pagar keliling yang sudah berjalan 50% dan terakhir Pembuatan salib ukuran 3,5 M X 2 meter yang terbuat dari bahan kayu besi dan masih dalam proses penyelesaian (finishing).

 “Walau dengan segala keterbatasan namun kami ingin warga Kampung Towe Hitam nantinya dapat merayakan ibadah setiap minggu, ibadah hari raya Natal dan tahun baru dengan suasana rumah ibadah yang berbeda dari biasanya,” ucap Redo.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi warga untuk semakin peduli dan memahami makna pentingnya kerja sama dan gotong royong dalam setiap kegiatan," tutup Redo.

Sementara itu Ondoafi Kampung Towe Hitam Bapak Silas Waki (52) yang ikut hadir pada kegiatan pembenahan dan renovasi Gereja mengungkapkan rasa syukurnya kepada Bapak-bapak TNI yang berkenan membuat dan mempercepat renovasi pembangunan rumah ibadah masyarakat Towe Hitam sehingga sampai dengan saat ini Gereja sudah lebih enak dipandang dan lebih menarik semangat para jemaat untuk bisa beribadah dengan nyaman apalagi saat nantinya merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru dengan suasana yang lebih khidmat.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Bupati yang melalui bapak-bapak TNI Pos Towe Hitam Satgas Pamtas Yonif 403 sudah berkenan mempercepat pembangunan dan renovasi Gereja Katolik Santo Yohanes stasi Towe Hitam sehingga Gereja ini menjadi lebih indah dan lebih menarik semangat para jamaat untuk bisa beribadah dengan nyaman apalagi saat perayaan hari raya Natal dan tahun baru nanti, tentu suasananya akan terasa lebih khidmat lagi”. (Pen Satgas Yonif 403/WP)

Post a Comment

0 Comments