DANREM 172/PWY TINJAU PERSONEL BKO DAN LAHAN KODIM KEEROM



Jayapura – Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan meninjau personel satuan BKO Kodim Persiapan yang akan mendukung pembangunan Kodim Baru di Kabupaten Keerom, Jum’at (9/7).

Kabupaten Keerom masuk dalam wilayah pembinaan teritorial dari Kodim 1701/Jayapura yang memiliki wilayah sangat luas (9365 Km2), terbentang dari Distrik Arso Tami sampai dengan Distrik Airu dan sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan Negara Papua New Guinea (PNG) sehingga memiliki kerawanan dengan adanya kelompok bersenjata (OPM) yang berada di daerah perbatasan, maka sangat tepat untuk di bangun Satuan Kodim di daerah tersebut.

Saat ini sebanyak 43 orang personel TNI dari Kodam Iskandar Muda (IM) melaksanakan tugas sebagai satuan Bawah Kendali Operasi (BKO) Kodim persiapan. Danrem berharap Personel BKO Kodim Persiapan memahami budaya masyarakat setempat yang berbeda dengan budaya daerah asal sehingga dapat mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas dan memahami tugas pokok Satuan BKO.

Keberadaan BKO Kodim Persiapan sangat diperlukan untuk secara langsung mensosialisasikan akan dibangunnya Kodim Keerom kepada masyarakat, agar terjalin hubungan yang humanis sehingga dapat mempercepat pembangunan Kodim.

Masyarakat sangat antusias menyambut pembangunan Kodim di wilayah Kabupaten Keerom dengan telah menyiapkan lahan seluas 10 hektar diantaranya 4 hektar untuk pembangunan Makodim dan 6 hektar untuk perumahan Prajurit. Oleh karena itu Danrem 172/PWY meninjau langsung lokasi tanah yang terletak di jalan Trans Irian, Kampung Workwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom.

Pada kesempatan tersebut, Tokoh Adat Tapor Krusbager sebagai pemilik hak ulayat siap mendukung pembangunan Kodim Keerom dalam rangka meningkatkan keamanan sekaligus mendukung program pemerintah setempat dalam pembangunan daerah.

Masyarakat berharap keberadaan Kodim Keerom nantinya dapat memberikan berkat dan manfaat kepada masyarakat, dapat berkontribusi dalam meningkatkan SDM dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah Arso dan daerah lain di Kabupaten Keerom.

Post a Comment

0 Comments