TNI MEMBEKALI WARGA KAMPUNG MOSSO MEMBUAT KERAJINAN BONSAI DARI TUNAS KELAPA DI PAPUA




MOSSO - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Mosso memberikan kerajinan bonsai dari tunas  kelapa kepada masyarakat Mosso di kampung Mosso Distrik Muara Tami, Jayapura.(24/06/2021)

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani, S.H., M.Tr(Han), dalam rilis tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Jumat (25/06/2021).

Munurut Dansatgas, kegiatan yang dilakukan oleh Pos Mosso pimpinan Letda inf Eri Hermawan dalam yang memanfaatkan tunas kelapa yang sering ditemukan seputaran perkarangan kita ataupun di kebun-kebun menjadi barang  yang berfanfaat sehingga mempunya nilai jual.
"Hasil dari kreatifitas warga dalam membuat kerajinan bonsai dari tunas kelapa bisa di jual sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat serta membangkitkan sektor UMKM pada masyarakat", ungkap Dansatgas.

Ditempat terpisah Danpos Mosso dengan penuh semangat membimbing para  warga agar bisa membuat kerajinan tangan dari tunas kelapa. Dimulai dari menyiapkan tunas kelapa, mengupas kelapa, menghaluskan, mempernis dan meletakaan tunas kelapa di atas pot sehingga tunas kelapa kelihatan karya seni yang indah dan bernilai tinggi siap untuk di perjual belikan.

Danpos Mosso mengatakan dengan adanya pelatihan ini bisa menarik minat para masyarakat untuk lebih meningkatkan kreatifitas dalam pembuatan karya seni   yang bernilai tinggi dan dapat meningkatkan perekonomian pada masyarakat kampung Mosso.
"Dengan memanfaatkan tunas kelapa disekitar tempat tinggal warga, hasil kerajinan ini diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan warga yang dapat dijual dan bisa juga sebagai cendramata" tungkasnya.

Sementar itu, bapak Urban (43) ketua RW kampung Mosso menyampaikan ucapan terima kasih atas pelatihan keterampilan yang dilakukan Satgas Yonif 131/Brs kepada warganya."Semoga keterampilan yang di ajarkan  tadi akan bermanfaat untuk warga Mosso", katanya.

Post a Comment

0 Comments