Perjuangan Babinsa Dalam Mencegah Karhutla Di Wilayah




Rungan - Pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla dibutuhkan upaya yang maksimal agar tidak menimbulkan dampak kerugian di kemudian hari. 

Semangat itulah yang digelorakan Babinsa Koramil 1016-05/Rungan Sertu Edi Suryo dan Sertu Edi Supandri bersama tim lainnya di Desa Bereng Malaka, Minggu 6 Juni 2021.

Melihat titik panas yang terpantau satelit, mereka bergerak menuju lokasi
menempuh perjalanan panjang dan medan yang sulit hanya menggunakan peralatan seadanya. 

"Sampai di lokasi kami menemukan bekas bakaran kayu oleh warga, sehingga kami imbau agar tidak lagi membakar karena bisa menimbulkan kebakaran hutan dari percikan yang tertiup angin," kata Sertu Edi Supandri. 

Ia mengatakan, kegiatan pemantauan titik panas merupakan upaya antisipasi kebakaran lahan, mengingat saat ini Kalteng mulai memasuki musim kemarau. 

Diketahui kayu tersebut merupakan milik 2 orang warga setempat dan mereka berjanji tidak akan membakarnya lagi. Mereka juga menyampaikan terima kasih kepada aparat kewilayahan itu karena sudah mengingatkan dengan cara yang humanis.

"Terima kasih pak Babinsa atas arahannya, kami akan ikuti petunjuk dan himbauan bapak." Ucap Haji Marwan salah seorang warga setempat. (Pendim 1016/Plk)

Post a Comment

0 Comments