Sejumlah Desa di Gunung Mas Terendam Banjir, Babinsa Pandu Warga Sebrangi Jalan



Gunung Mas - Sejumlah desa di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng) terendam banjir akibat luapan air sungai kahayan. Banjir dengan ketinggian mencapai 30 CM itu menggenangi jalan umum hingga pemukiman warga. 

Melihat kondisi itu, Babinsa Koramil 1016-07/Tewah Serda Indryadi dan Serda Buji Burahman Ardi langsung turun ke lokasi untuk memandu para pengendara yang melintas agar tidak salah memilih jalur berkendara. 

"Luapan air yang terjadi merupakan kiriman dari hulu sungai Kahayan Tumbang Miri disebabkan curah hujan yang tinggi dan kembali surut apabila cuaca cerah," kata Serda Indryadi. 

Ia mengatakan, wilayah yang terendam tersebut merupakan cekungan dataran rendah, sehingga sering mengalami pasang surut ketika hujan turun dengan intensitas tinggi. 

Adapun titik banjir tersebut yakni di Desa Sei Riang, Desa Rangan Mihing, Desa Batu Nyiwuh, Desa Tumbang Pajangei dan di wilayah Kecamatan Tewah.

"Ketinggian air di wilayah ini rata-rata 20-30 CM dengan panjang genangan berkisar 100 meter," ungkapnya. 

Sementara itu, Risman salah satu pengendara roda empat yang melintas merasa terbantu dengan kehadiran anggota TNI yang membantu mengarahkan jalur kendaraan di lokasi banjir. 

"Untungnya ada petugas di lokasi, apalagi jalur kendaraan tidak ada penanda seperti ini. Bisa-bisa kita masuk parit kalau salah jalur," ucap sembari bergegas melanjutkan perjalanan. (Pendim 1016/Plk)

Post a Comment

0 Comments