Satgas Yonif 734/Sns Pos 10 Tehoru bersama masyarakat bergotong royong dalam rangka mempertahankan tradisi rumah adat di negeri Hatu Kec Tehoru, Maluku Tengah




Hal tersebut disampaikan Danpos 10 Tehoru  Letda Inf Muh Lutfi C Perwira dalam rilis tertulisnya di Negeri Hatu Kec Tehoru, Maluku Tengah, Kamis (27/5/2021).

Diungkapkan Danpos Tehoru, kegiatan ini merupakan kegiatan  untuk mempertahankan adat istiadat masyarakat Negeri Hatu, Satgas Yonif 734/SNS merasa terpanggil  untuk berpartisipasi dan membantu masyarakat dalam pemasangan tiang utama rumah adat  yang dilaksanakan pada hari kamis (27/5/2021)

Serda Riky Sanjay yang ikut dalam melaksanakan pemasangan tiang utama rumah adat negeri Tehoru mengatakan kegiatan tersebut melibatkan tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat,  pemasangan tiang utama rumah adat ini dilaksanakan dalam rangka merenovasi tiang utama yang telah rubuh.

kegiatan pemasangan tiang utama rumah adat dimulai pukul 09.00 - 16.00 Wit, sebelum pemasangan dilaksanakan masyarakat terlebih dahulu memanjatkan doa dengan ritual adat Bayileo dengan harapan bahwa rumah adat tersebut dapat memberi manfaat dan kebaikan kepada sesama.

masyarakat akan selalu bahu membahu dan bergotong royong untuk tetap melestarikan dan mempertahankan Cagar Budaya serta adat istiadat peninggalan leluhur , sehingga tidak terhapus dengan adanya perkembangan zaman.

ada 3 buah tiang yang yang dipasang untuk menggantikan tiang rumah adat yang sudah rubuh diharapkan dengan pemasangan tiang yang baru ini masyarakat yang ingin memasuki ataupun yang ingin berkunjung dapat merasakan rasa aman dan nyaman.

Di tempat terpisah Walalayo, Raja Hatu mengapresiasi semangat kegotong royongan masyarakat Hatu dengan personi satgas yonif 734/SNS , semoga dengan semangat kegotong royongan  ini dapat menambah kekompakan TNI - dengan Mayarakat, ujarnya.

Post a Comment

0 Comments