Perlu Penjelasan Pendaftaran, Pilihan Pendaftar Komcad ke Kodim 0824/Jember





JEMBER - Pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat memang sedang dilakukan pembukaan pendaftaran, hal ini sesuai Surat Pangdam V/Brw maupun Danrem 083/Bdj yang menginstruksikan kepada seluruh Kodim jajarannya,  termasuk Kodim 0824/Jember, yang pada Kamis 27/05/2021 didatangi oleh puluhan pendaftar yang memerlukan penjelasan.

Kedatangan para pendaftar Komcad tersebut diterima oleh Perwira Seksi Personalia (Pasipers) Kodim 0824/Jember Kapten Inf Ismianto, yang  memberikan penjelasan kepada para pendaftar tersebut.

Dalam wawancaranya Pasipers Kodim 0824/Jember Kapten Inf Ismianto menyampaikan, bahwa kepada para pemuda yang ingin bergabung dengan Komcad memang diberikan kesempatan, namun dengan banyaknya peminat, tentunya akan dilakukan seleksi.

Sesuai surat dari Danrem 083/Bdj bahwa jadwal penerimaan telah diatur sebagai berikut, proses validasi pendaftaran pada tanggal 1-6 Juni 2021,  seleksi atau uji pemeriksaan pada tanggal 7-17 Juni 2021 dan Pembukaan Pendidikan pada 21 Juni 2021 di Komando Pendidikan dan Kejuruan Rindam V/Brw Malang selama 3 bulan.

Saat ditanyakan persayaratan, Kapten Ismianto menjelaskan,  bahwa persyaratannya antara  lain, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Kemudian, berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri.

Selanjutnaya peserta yang  memenuhi persyaratan tersebut,  kemudian mengikuti rangkaian  seleksi administrasi dan seleksi kompetensi dan lain-lain.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus, nantinya akan menjalani pelatihan dasar selama 3 bulan tersebut. Untuk metode pendaftaran bisa melalui online web : komcad.kemhan.go.id atau aplikasi KomcadApp  WhatsApp ke nomor 08990170845. Tegas Pasipers Kodim 0824/Jember.

Menyikapi hal tersebut Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyatakan, bahwa kegiatan pendaftaran ini sesuai dengan instruksi dari Danrem 083/Bdj, tugas kita melakukan sosialisasi kepada pemuda dan masyarakat.

Menurut laporan dari Pasipers per jam sekarang jumlahnpendaftar sudah 57 orang, namun seiring waktu berjalan tidak menutup kemungkinan terus bertambah. Tegas Dandim 0824/Jember. (Siswandi)

Post a Comment

0 Comments