Amankan Kerusuhan, Personel Yonif RK 732/Banau Melaksanakan Pengamanan Konflik Antar Desa yang Terjadi di Perbatasan Ds.Payo dan Ds. Bobanahena

Jailolo, Halmahera Barat, 15 Mei 2021. 




Menerima laporan perihal terjadi kerusuhan di perbatasan antar Ds.Payo dan Ds.Bobanahena, Jailolo, Halbar pada (15/05/2021). Personel Yonif RK 732/Banau bergegas mengamankan TKP kerusuhan dengan dibantu Aparat Kepolisian Halbar, bekerjasama melaksanakan pengamanan kerusuhan yang terjadi diperbatasan Ds.Payo dan Ds. Bobanahena, hal ini sontak membuat masyarakat sekitar wilayah jailolo merasa tegang. 

Ditempat perkara, Personel Yonif RK 732/Banau sejumlah 2 SSK dipimpin langsung oleh Danyonif RK 732/Banau Letkol Inf Suhendar Suryaningrat,S.H,.M.Si dibantu personel Polres Halbar melaksanakan pengamanan, dalam pengaman kekuatan personel dibagi dua, 1 SSK ditempatkan di Ds. Payo Kec. Jailolo dipimpin Danton Pimu Kima Yonif RK 732/Banau Letda Inf Tanamal dan 1 SSK di Ds. Bobanahena dipimpin oleh Dankiban Yonif RK 732/Banau Lettu Inf Filly, bentrokan berhasil direda sehingga kemungkinan terjadi perpecahan antar warga bisa dihindarkan. Adapun kerugian material yaitu 1 unit rumah terbakar habis dengan isinya, ditafsir kerugian mencapai ratusan juta dan 1 orang korban a.n Sdr Siswanto dengan luka memar dibagian wajah, hal ini sering terjadi antara 2 Desa tersebut karena dipicu oleh aksi pemukulan seorang warga Ds.Bobanehena terhadap salah satu warga Ds.Payo sehingga terjadi serangan balasan dari Ds. Payo ke Ds.Bobanehena, dalam kejadian personel Yonif RK 732/Banau berhasil meredakan pertikaian dan dilanjutkan melaksanakan pengamanan sampai kondisi Kondusif. 

Dalam kejadian, Bupati dan Wakil Bupati turut hadir kelapangan mengecek langsung apa yang sudah terjadi, untuk mengganti rugi kerugian materiil Pemda Halbar siap menanggu kerugiannya, ditempat tersebut Bupati halbar menyampaikan himbauan kepada masyarakat pada (15/05/2021) "Harapan kami dengan adanya pihak aparat ditempat ini warga dapat kembali kerumah masing-masing dan kerugian pembakaran rumah akan kami ganti" ujarnya menghimbau masyarakat antara 2 Desa tersebut. 

Ditempat yang sama Danyonif RK 732/Banau Letkol Inf Suhendar Suryaningrat,.S.H,.M.Si menyampaikan dalam rilis resminya pada Sabtu (15/05/2021)."Personel Yonif RK 732/Bnu senantiasa siaga membantu kepolisian dan pemerintah daerah untuk mengamankan situasi diwilayah maluku utara khususnya halbar,kejadian ini menjadi perhatian dan tanggung jawab kita semua untuk sama-sama mewujudkan keamanan serta kewaspadaan dalam setiap perkembangan situasi yang ada".

Post a Comment

0 Comments