Semarak HUT ke-60 Kostrad, Yonif MR 411 Kostrad Gelar Lomba HTF Antar Kompi





Salatiga — Kegiatan Lomba antar Kompi pada "Pekan Olahraga Pandawa" Yonif MR 411/PDW Kostrad dalam rangka semarak HUT ke-60 Kostrad, kini sudah memasuki lomba materi yang ke 5 yakni materi HTF atau (How To Fine The Figther).

Hal tersebut disampaikan Danyonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Kota Salatiga, Rabu(10/03/2021).

Danyonif mengungkapkan, pada lomba HTF ini, peserta dari masing-masing kompi diwakilkan 10 orang personel terbaiknya dengan komposisi 1 orang bepangkat Serda atau Sertu, 2 orang bepangkat Kopda, 3 orang bepangkat Praka, 2 orang bepangkat Pratu dan 2 orang bepangkat Prada dengan berpakaian Oraum kompi. Adapun start dan finish dipusatkan di lintasan pemanasan Ranpur belakang Kompi Senapan C/Sarotama.

Lanjutnya, HTF atau (How To Find The Figther) ini dianggap materi yang cukup berat, karena para peserta harus menempuh jarak sejauh kurang lebih 8 Km untuk sampai ke titik finish. Para peserta juga harus melawati berbagai medan yang bervariasi seperti tanjakkan, turunan, jalan beraspal dan jalan tanah setapak di perkampungan.

"Disepanjang rute ini, para peserta juga harus bisa melewati 3 rintangan (pengujian materi) yang telah disiapkan panitia, yaitu 
Navigasi Darat (Navrad), Lempar Pisau dan Kapak (Lempika) dan yang terakhir bongkar pasang senjata," jelas Mayor Inf Rizky. 

Tambahnya, pada materi ini perlu tenaga ekstra dan konsentrasi bagi setiap prajurit peserta Lomba untuk menjadi yang tercepat mencapai garis finish, tentunya dengan tetap memperhatikan faktor keamanan.

"Tujuannnya di adakan lomba materi HTF yang di aplikasikan dengan materi-materi tertentu adalah untuk mengasah naluri tempur prajurit, memupuk jiwa korsa, kerjasama, kekompakan dan semangat berjuang guna mendukung tugas-tugas Kostrad kedepan," pungkas Abituren Akademi Militer tahun 2003 itu. 

Berhasil keluar sebagai pemenang dengan waktu rata-rata tercepat adalah dari Kompi Senapan A/Pasopati juara 1, Kompi Bantuan/Kesawa juara 2 dan Kompi Senapan B/Kunta juara ke-3. Sedangkan waktu tercepat dalam lomba HTF ini dicapai oleh Prada Irfandi Sudarno (Tamunisi-2/2/Morse/Bant) dengan catatan waktunya 36.39 menit.

Post a Comment

0 Comments