Jalin Kerukunan Beragama, Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Gelar Karbak Bersihkan Kapela dan Gereja



Belu NTT – Untuk memberikan rasa khidmat dan nyaman jelang perayaan paskah, pos jajaran Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur menggelar program Jumat bersih bersama masyarakat dengan melaksanakan gotong royong pembersihan lingkungan tempat ibadah baik Kapela maupun Gereja di sekitar pos.

Demikian dikatakan Komandan Satgas Pamtas Sektor Timur Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro disela-sela kesibukannya di Mako Satgas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu NTT, Jumat (26/3/2021).

Adapun pos-pos yang melaksanakan gotong royong pembersihan sarana ibadah yakni Pos Asumanu melaksanakan karya bakti pembersihan rumput di Kapela Santana Asumanu Dusun Leomanehat Desa Asumanu, Pos Mota'ain melaksanakan gotong royong penggalian dan pembersihan parit got yang tertimbun oleh banjir di Kapela ST. Michael Seroja Dusun Mota'ain, Pos Turiscain melaksanakan pembersihan, meratakan pasir dan batu di Gereja Haekesak Kecamatan Raihat dan Pos Silawan melaksanakan pembersihan halaman Kapela Santo Teodorus Desa Silawan. Sedangkan pos-pos yang lain melaksanakan gotong royong pembersihan lingkungan.

Menurut Bayu Sigit, gotong royong yang melibatkan masyarakat setempat sengaja dilakukan selain untuk menjaga kebersihan lingkungan juga untuk melestarikan budaya gotong royong sekaligus untuk memelihara dan memperkuat hubungan silatrurahmi antara masyarakat dengan anggota pos.

Dengan demikian, lanjutnya, akan tercipta suasana keakraban, kebersamaan, kerukunan, keharmonisan dan rasa persaudaraan yang melekat dalam hati anak bangsa sehingga dengan sendirinya persatuan dan kesatuan bangsa di wilayah perbatasan akan terjaga dengan baik.

”Ini yang kami harapkan,” ujarnya singkat.


Selain itu, Alumnus Akmil 2003 itu juga memerintahkan para Danpos jajarannya untuk membantu pelaksanaan perayaan Paskah pada tanggal 2 April mendatang dengan melakukan pengamanan selama proses perayaan sehingga pelaksanaan Hari Paskah berjalan aman, nyaman dan khidmat.

Post a Comment

0 Comments