Cegah Kegiatan Illegal di Perbatasan, Satgas Yonif 407/PK Bersama CIQ Lakukan Patroli Bersama











Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/Padmakusuma bersama CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau bersinergi melaksanakan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan keamanan di perbatasan. Rabu (03/03/21)

Salah satunya dengan melaksanakan patroli bersama Jalan Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) di sektor tanggung jawab perbatasan wilayah Nanga Badau Kab. Kapuas Hulu, Kalbar.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan menjelaskan bahwa kegiatan patroli bersama tersebut bertujuan untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas serta melaksanakan fungsi pengawasan wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Kegiatan patroli ini kita lakukan dalam rangka mencegah berbagai macam bentuk kegiatan illegal, khususnya di jalur perbatasan yang tidak resmi" ungkap Letkol Inf Catur Irawan.

Patroli bersama kali ini dilaksanakan dengan menyusuri JIPP serta jalur-jalur tikus atau jalur pelolosan yang biasa dilalui oleh pelintas batas, dimana kondisi wilayahnya berupa hutan sehingga membutuhkan banyak pengawasan.

“Terlibat dalam kegiatan patroli di sektor Badau yaitu 2 orang personel Pos Kotis Satgas Yonif 407/PK bersama Karantina Pertanian dan Karantina Ikan Entikong Wilker Nanga Badau, Imigrasi Wilayah Nanga Badau, Bea & Cukai Wilayah Nanga Badau,” kata Dansatgas, dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, Rabu (03/03/2021).

Lebih lanjut dikatakan, selain menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, patroli bersama ini merupakan wujud sinergitas antara TNI dan CIQ di daerah penugasan, dalam rangka memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang terwujudnya situasi yang kondusif, aman dan tenteram di lingkungan perbatasan.

“Diharapkan kegiatan patroli ini dapat dilaksanakan secara rutin, dengan tujuan mempererat tali silaturahmi antar instansi yang ikut bergabung, serta meningkatkan kewaspadaan dalam hal pengawasan sehingga lebih aman,” imbuhnya.

Post a Comment

0 Comments