Koarmada III Upacara HUT Ke-58 Kowal KASAL: KOWAL KONSISTEN DENGAN KOMITMEN TUGAS YANG UTAMA


Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) mengikuti upacara HUT ke-58 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) secara virtual di Mako Koarmada III Jl. Poros Katapop, Desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. 


Upacara ini juga diikuti Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Inspektur Koarmada III Laksma TNI Handri Suprianto, Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, dan segenap anggota Kowal yang bertugas di ketiga satuan TNI AL tersebut. Tema HUT ke-58 Kowal adalah “Berprestasi Untuk Negeri, Berkarya Bagi Bangsa”.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dipusatkan di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/1/2021).  Peringatan HUT Kowal kali ini dilaksanakan secara sederhana dalam suasana keprihatinan yang mendalam akibat pandemi Covid-19.  

Kasal menegaskan bahwa keberadaan kowal sebagai prajurit menuntut kehadirannya sekaligus perannya serta kontribusi positif terhadap keberhasilan organisasi TNI AL. Sebagai seorang wanita militer, Kowal harus mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh organisasi, sedangkan sebagai pemangku kodrat wanita, Kowal juga harus mampu berkarier secara serasi, selaras dan seimbang serta profesional tanpa meninggalkan kodrat kewanitaannya. 

Telah lima puluh delapan tahun, Kowal tetap konsisten dengan komitmen bahwa tugas adalah yang utama, yaitu tugas yang selalu dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL. Dalam pelaksanaan tugas yang diemban oleh setiap prajurit Kowal, harus selalu dilaksanakan melalui peningkatan keimanan dan ketaqwaan, penguatan semangat dan peningkatan kinerja, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta keterampilan dan jiwa kejuangan sebagai prajurit yang tidak mudah menyerah. “Selain itu, di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, Kowal dituntut bisa mengikutinya dengan memperluas pengetahuan melalui pendidikan dan penugasan, serta menguasai keterampilan dan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasal menegaskan bahwa Kowal sebagai wanita Indonesia harus menjunjung tinggi etika, menjaga tutur kata, sikap, perilaku dan penampilan yang baik pada saat pelaksanaan tugas maupun dikehidupan sehari-hari. Jadilah prajurit Kowal yang militan dengan tidak meninggalkan kodrat kewanitaan sesuai dengan norma budaya dan agama serta ketentuan hukum yang berlaku. 

Dengan tuntutan tugas dan kesetaraan yang semakin maju di organisasi, Kowal harus menempatkan posisi dan memahami tugas dan tanggungjawabnya. Terkait dengan kodrat kewanitaan yang disandangnya, hal ini tidak memberikan ruang dan kedudukan istimewa bagi Kowal, serta tidak membedakan hak dan kewajibannya bila dibandingkan dengan prajurit pria. 

Selain tugas dan tanggung jawabnya sebagai prajurit, lanjut Kasal bahwa secara kodrati Kowal tetap sebagai wanita yang memiliki tugas utama sebagai ibu rumah tangga dan tugas mulianya dalam mendidik anak sebagai generasi penerus bangsa. Anggota Kowal juga wajib memberi dorongan dan semangat kepada suami maupun keluarga, karena keberhasilan dalam kedinasan, tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh ibu rumah tangga. “Tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan oleh Kowal secara konsisten dan profesional, menjaga keseimbangan antara kedinasan dan keluarga,” ujarnya. 
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Post a Comment

0 Comments