Tingkatkan Kualitas Kesehatan Warga Perbatasan, Satgas Yonif 407/PK Berikan Pelayanan Kesehatan Home Care





Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan warga perbatasan, Satuan Tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-MLY Yonif 407/PK memberikan pelayanan kesehatan Home Care kepada masyarakat yang berada diperbatasan.

Pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan keliling dilakukan oleh tiga personel Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK dari Pos Nanga Bayan yang dipimpin Pelda Nurul Amin kepada warga binaannya di Desa Nanga Bayan Kecamatan Ketunggau Hulu Kabupaten Sintang, Kalbar. Rabu (09/12/2020).

Melalui Home Care atau pelayanan kesehatan keliling, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat yang berada di perbatasan RI-Malaysia.

Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan mengatakan, pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tugas TNI di perbatasan.

“Pelayanan Kesehatan merupakan Program pengabdian masyarakat yang terus kami lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat di daerah perbatasan yang minim dengan akses fasilitas kesehatan,” ujar Dansatgas.

Dansatgas menambahkan program pelayanan kesehatan keliling (Home Care) adalah program utama Satgas Pamtas Yonif 407/PK di bidang kesehatan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus datang ke tempat pelayanan kesehatan karena jauh dan minimnya fasilitas pelayanan kesehatan di daerah perbatasan.

"Pelayanan kesehatan kepada warga Desa Nanga Bayan ini dilakukan anggota Pos Nanga Bayan dengan berkeliling Desa dan menyambangi rumah-rumah warga Door To Door. Hal ini sekaligus untuk membangun komunikasi yang baik dan mempererat tali silaturahmi antara anggota Satgas dengan warga," terangnya.

Dansatgas berharap, melalui kegiatan ini kehadiran Satgas dapat membantu Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke pelosok wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Sementara itu, Bapak Bagga (69 th) salah seorang warga yang menderita penyakit diabetes menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas Yonif 407/PK yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan obat kepada dirinya. "Terima kasih atas kepedulian personel Satgas sudah memberikan pelayanan kesehatan, Kiranya Tuhan senantiasa menyertai dan memberkati bapak TNI," tuturnya.

Post a Comment

0 Comments