Lanal Tegal Gelar Panen Ketahanan Pangan dan Bhaksos Dalam Rangka HUT Armada RI Tahun 2020 Di Pantai Cemara Tegal




Lantamal V, 4 Desember 2020,---

Pangkalan TNI AL Tegal melaksanakan kegiatan panen ketahanan pangan yang dilaksanakan di perkebunan jambu purwa hamba indah pantai cemara kabupaten tegal. Kegiatan panen ketahanan  pangan ini dengan memanen ikan patin yang jumlahnya cukup lumayan untuk di panen. Kegiatan ini juga di barengi dengan Bhakti sosial kepada masyarakat pesisir sekitar dengan pemberian bingkisan sembako yang bermanfaat pada masa pandemi ini.Tema kegiatan ini adalah""Jaya di Samudera Untuk Indonesia Maju"" Jumat, (4/12).

Dalam kegiatan panen ketahanan pangan di wilayah kerja Lanal Tegal di Hadiri oleh Komandan Pangkalan TNI AL Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, M.Tr.Hanla., CHRMP, Para perwira Staf, Ketua Cabang 7 Korcab V DJA ll Ny Via Ridwan Azis dan prajurit serta PNS Lanal Tegal.

Kegiatan diawali dengan Pemberian paket sembako kepada Perwakilan masyarakat yang tidak mampu khususnya Ibu - Ibu yang telah ditinggal suaminya dan anak yatim secara simbolis diberikan oleh Danlanal Tegal, dilanjutkan dengan  mengikuti Panen Ketahanan Pangan Lantamal V Bersama Kasal dan Ketua Umum Jalasenastri di Tambak udang vaname Lantamal V secara Virtual.

Dalam sambutanya Danlanal Tegal menyampaikan bahwa panen ketahanan pangan ini perlu di tingkatkan dan di pertahankan, karena apa yang sudah kita dapat sangat bermanfaat untuk masyarakat dan juga untuk prajurit Lanal Tegal. Wilayah negara kita ini adalah wilayah perairan sehingga potensi pangan di perairan harus kita optimalkan pemanfaatannya. Oleh karena itu, TNI AL memiliki peran penting dalam upaya pencapaian ketahanan pangan.

Kegiatan Panen Raya ikan patin ini untuk memberikan motivasi dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan masyarakat pesisir sesuai kearifan lokal, serta membantu dan memfasilitasi pengadaan bibit ikan patin yang dibagkan kepada masyarakat budidaya yang dikoordinasikan dengan dinas perikanan bidang pembudidayaan ikan air tawar di antaranya ikan nila dan ikan patin. 

Untuk itu, TNI AL khususnya Lanal Tegal mengajak seluruh lapisan masyarakat pesisir Tegal agar mau peduli terhadap lingkungan dengan cara memanfaatkan lahan kosong yang dapat kita optimalkan keberadaannya menjadi tambak udang atau kerambah ikan yang akan bermanfaat demi meningkatkan ekonomi masyarakat. Kegiatan panen raya ini selaras dengan perintah harian bapak Kasal yaitu bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Post a Comment

0 Comments