Kompak, TNI Bersama Warga Bersihkan Pohon Tumbang Yang Menutupi Jalan Raya



Belu - Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Pos Fatubesi bersama warga bahu membahu membersihkan ruas jalan raya yang tertutup batang pohon yang tumbang pasca terjadinya angin kencang disertai hujan di Desa Takirin, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu-NTT.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (05/12/2020).

Dijelaskan Dansatgas bahwa kegiatan yang dilakukan Pos Fatubesi bersama warga Kampung merupakan spontanitas dilaksanakan secara seketika.

“Jalan tersebut merupakan akses utama satu-satunya yang terdekat menuju kota Atambua sehingga personel TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB bersama masyarakat bahu-membahu membersihkan jalan tersebut dengan cepat agar tidak mengganggu arus lalu lintas pengguna jalan tersebut.“ ucap Alfat.

“Tanpa basa basi, masyarakat yang hendak melintaspun ketika melihat personel kita sedang bekerja membersihkan batang pohon yang menghalangi jalan tersebut dengan spontan ikut membantu. Inilah bukti kedekatan dan kekompakan Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB Pos Fatubesi bersama masyarakat khususnya di Desa Takirin ini,” tambah Alfat.

Kegiatan tersebut dipimpin Wadanpos Fatubesi Serda Krisna Agung Saputro bersama 3 orang personil lainya, sesuai dengan SOP dalam melaksanakan suatu kegiatan di daerah penugasan, dua orang personel disiagakan untuk pengamanan di sekitar lokasi ketika kegiatan berlangsung, hal ini dalam rangka menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Komandan Pos Fatubesi Serka Alamin menjelaskan ulang bahwa tertutupnya ruas jalan oleh beberapa batang pohon diakibatkan oleh hujan lebat disertai angin yang kencang.

“Tidak seperti biasanya, hujan datang sejak semalaman hingga pagi ini. Alhasil karena angin juga kencang, mengakibatkan banyaknya pohon yang tumbang di pinggir ruas jalan. Kondisi ini tentunya membuat aktivitas warga jadi terhambat." terang Danpos

“Dengan pembersihan ini diharapkan warga dapat kembali beraktivitas secara normal dan tidak merasa was-was, “ pungkas Danpos.

Saat ini jalanan sudah bisa dilalui dan lalu lintas sudah berjalan normal kembali. Masyarakat Desa Takirin yang diwakili oleh Bapak Marselinus Manek Kehi (37) dan pengguna jalan mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Pos Fatubesi.

"Terima kasih untuk bapak TNI yang sudah mengajak masyarakat untuk menyingkirkan pohon besar yang tumbang ini sehingga jalan sudah dapat dilalui," Ucap Marselinus dan pengguna jalan.

Post a Comment

0 Comments