Komandan Puslatmar Kodiklatal Buka Latihan Penanggulangan Bencana Alam




Kodiklatal Surabaya, 18 Desember 2020

Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Marinir Joni Sulistiawan membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan di Lapangan Apel Puslatmar Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Jumat, (18/12/2020).

Latihan Penggulangan bencana alam tersebut diikuti 30 Prajurit Puslatmar, tampak hadir dalam upacara pembukaan tersebut para Dansatlat Puslatmar dan para perwira Puslatmar Kodiklatal. Bertindak sebagai Komandan upacara pebukaan Kapten Marinir Losmana Suryawiranta.

Danpuslatmar Kodiklatal Kolonel Marinir Joni Sulistiawan dalam sambutanya mernyampaikan bahwa latihan  penanggulangan bencana alam ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yaitu pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Selain itu kegiatan ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat khususnya yang bertempat tinggal didaerah - daerah yang mempunyai potensi akan terjadinya bencana alam seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus, tsunami, dan tanah longsor. 

Latihan yang dilaksanakan ini memiliki peranan sangat penting dalam keberhasilan suatu penugasan kedepannya, sekaligus mengantisipasi adanya bencana alam bila terjadi sewaktu waktu dan menguji kesiap siagaan Prajurit Puslatmar Kodiklatal. Pamen melati tiga dipundak terebut juga menyampaikan untuk mencapai tingkat profesional dirinya akan melatih para prajurit Puslatmar secara periodik dan terus-menerus. 

“Laksanakan Latihan penanggulangan bencana alam ini dengan sebaik-baiknya, latihan ini selain menguji profesionalisme prajurit Puslatmar dalam penanggulangan bencana juga sebagai bagian dari kegiatan bakti sosial TNI–AL terhadap masyarakat yang membutuhkan bantuan disaat bencana, “ tegas Danpuslatmar.

Disisi lain disampaikan bahwa Kodiklatal merupakan kotama pembinaan dalam hal doktrin, pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut yang mempersiapkan prajurit matra laut sebagai pengawak organisasi TNI AL. Dalam membentuk prajurit matra laut yang handal dan profesional, diperlukan seorang sosok pelatih, pembimbing dan instruktur yang mumpuni dari segi akademik,  fisik dan mental, sehingga dapat memberikan suri tauladan kepada prajurit yang dididik dan dilatih.

Post a Comment

0 Comments