KOMANDAN LANTAMAL V HADIRI ACARA PENEBARAN BENIH UDANG VANAME DAN BANDENG

Selasa 22 Desember 2020 




Komandan Lantamal V Laksma TNI Mohammad Zaenal  ,S.E., M.M.,M.Soc.,Sc., mendampingi Panglima Koarmada II melaksanakan Penebaran Benih Udang Vaname dan Bandeng di tambak Semampir Baru Koarmada II, Selasa(22/12)

Sebanyak 250.000 ribu ekor benih udang vaname dan 25.000 ribu ekor benih bandeng ditebar secara bersamaan. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa perikanan memiliki bagian dari sumberdaya ekonomi maritim, keberadaannya sangat strategis dalam memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan nasional. Bahkan, se-level Badan Pangan Dunia/FAO ( Food and Agriculture Organization of The United Nation) telah memprediksi bahwa sub sektor perikanan budidaya menjadi salah satu sumberdaya yang akan sangat diandalkan kedepan utamanya dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat global. Demikian Sambutan yang  dibacakan oleh Bapak Miftakhlul Munir, S.Pi, M. Si. Selaku Kepala UPT Budidaya Air Payau. 


Sedangkan menurut Pangkoarmada II  Laksamana Muda TNI I N.G. Sudihartawan, S.PI., M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa usaha untuk memelopori peningkatan ketahanan pangan secara mandiri sangatlah dibutuhkan dengan inovasi-inovasi yang efektif dan efisien. Memanfaatkan sumber daya alam yang subur, sumber daya manusia yang besar serta kemajuan teknologi, merupakan salah satu faktor dalam memwujudkan ketahanan pangan. Sehingga koarmada II melaksanakan program ketahanan pangan dengan cara memanfaatkan lahan yang tersedia melalui program budidaya udang vaname dan ikan bandeng. 

Kegiatan ketahanan pangan ini patut kita apresiasikan mengingat ketahanan pangan sangat berkaitan erat dengan ketahanan sosial, stabilitas ekonomi dan ketahanan nasional. Membangun ketahanan nasional merupakan syarat mutlak bagi pembangunan nasional.

Usai sambutan dari Pangkoarmada II dilanjutkan dengan penyerahan bibit Udang Vaname dan Bandeng dari Pangkoarmada II kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jatim dan dilanjutkan penebaran benih Udang Vaname dan Ikan Bandeng.

Post a Comment

0 Comments