Kasal Tinjau Fasilitas Pendidikan Puslatdiksarmil Kodiklatal



Kodiklatal, 04 Desember 2020.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengadakan kunjungan kerja ke kawah candradimuka  prajurit matra laut Pusat Latihan dan Pendidikan  dasar kemiliteran (Puslatdiksarmil) yang berlokasi  di Juanda, Sidoarjo, Jumat, (04/12). 

Dalam kunjungan ini, Kasal didampingi oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono. Kedatangan Kasal disambut oleh Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat, Danpuspenerbal Laksda TNI  Edwin, S. H. M. Han para pejabat utama Kodiklatal serta Danpuslatdiksarmil Kolonel Laut (P)  Johanes Djanarko Wibowo. 

Kunjungan kerja Kasal diawali dengan menerima paparan tentang sarana dan prasarana pendidikan, peserta didik di Puslatdiksarmil serta tentang operasional pendidikan di tengah masa pandemic Covid-19.

Usai menerima paparan, Kasal beserta Asrena Kasal LaksdaTNI Muhammad Ali, S.E., M. M.,  Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso. S.E., M.M., Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto berkesempatan meninjau fasilitas pendidikan di Puslatdiksarmil diantaranya Mess Leuser yang diperuntukan siswa Kowal, meninjau Rumah Sakit Darurat penanganan Covid-19 yang diperuntukan bagi siswa yang terpapar Covid-19, meninjau  mess siswa serta meninjau ruang makan siswa.

Selain meninjau sarpras pendidikan, Kasal juga memberikan pengarahan kepada siswa Dikmaba PK TNI AL Angkatan 40/I TA 2020 di lapangan Kawah Candradimuka Puslatdiksarmil. Kepada ratusan siswa Dikmaba, Kasal menekankan agar seluruh siswa harus patuh dan taat mengikuti semua yang telah disampaikan oleh pelatih dalam rangka membentuk prajurit TNI AL professional. Oleh sebab itu, maka semua kegiatan  belajar dan mengajar harus bisa diikuti oleh seluruh siswa.

Lebih lanjut Kasal mengatakan bahwa usai mengikuti pendidikan dasar kemiliteran di Puslatdiksarmil, para siswa akan melanjutkan pendidikan dasar golongan lanjutan (Diksargolan) di Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum sesuai dengan kejuruan masing-masing. Untuk menentukan kejuruannya, siswa akan mengikuti tes prikologi yang diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) 

Terkait dengan pandemi Covid-19, Kasal menekan kepada seluruh siswa agar jangan khawatir untuk melaporkan kepada pelatih bila terpapar Covid-19. Tanda-tandanya diantarannya : badan merasa pegal-pegal, deman tinggi, tidak bisa mencium dan tidak bisa merasa.

 “Kalau terasa seperti itu,  segera  laporan ke pelatih atau bingsis, agar segera ditangani oleh tenaga medis dan sekaligus di obati sehingga bisa kembali lagi mengikuti kegiatan,” ujarnya.. 

“Kalian tidak usah takut karena pelaksanaan pendidikan ini dalam massa pandemic yang penting kalian harus bisa saling menjaga  diri termasuk diruangan kalian harus tetap menjaga jarak,” ujarnya. 

Kasal berharap agar semua siswa Dikmaba yang saat ini mengikuti pendidikan dasar kemiliteran,  semua dapat lulus dan dapat mengawaki organisasi TNI AL. Kalian adalah putra putri kebabangsaan bangsa yang akan menjadi generasi penerus pengawak organisasi TNI AL. 

Karena dari sekian puluh ribu orang dari sabang sampai meraoke, kalian terpilih  menjadi putra putri terbaik untuk pengawak organisasi TNI AL. Kalian harus Bangga dan harus kuat menjalani pendidikan ini. Harus miliki semangat yang tinggi  dan tetap berdoa  sesuai agamanya masing-masing agar diberi kelancaran dalam pendidikan dan kesuksesan dan segera berdinas di TNI AL.

Kasal berharap agar semua siswa Dikmaba 40/1 selama pendidikan dapat bekerjasama dengan baik  dan dapat menjalin komunikasi yang baik untuk menumbuhkan kebanggaan leting

Post a Comment

0 Comments