Gubernur AAL Hadiri Puncak Peringatan Hari Armada 2020




Surabaya (7/12).
Gubernur Akademi Angktan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)  menghadiri Hari Armada Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 yang didalamnya ada peresmian enam KRI baru buatan dalam negeri yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. di Dermaga Ujung, Surabaya, Senin (7/12/2020).

Dalam upacara Hari Armada RI Tahun 2020 yang juga disiarkan secara streaming ini, Kasal mengatakan bahwa seiring dinamika perubahan ancaman dan kompleksitas tugas-tugas TNI AL kedepan, kekuatan Armada RI harus terus dibangun dan diperkokoh.

Unsur-unsur kekuatan Armada RI harus dipersiapkan dan dilengkapi sebagai kekuatan yang modern, tidak hanya dengan menghadirkan alutsista yang baru namun juga pembangunan secara menyeluruh meliputi penyiapan sumber daya manusianya, sarana dan prasarana pendukung serta pengembangan doktrin, latihan dan taktik operasi.

“Buktikan kepada Negara yang kita cintai ini, bahwa kalian adalah prajurt TNI AL Republik Indonesia, tulang punggung Pertahanan Negara di laut, prajurit Jalasena yang dengan bangga menyandang motto Ghora Wira Madya Jala, prajurit gagah berani dan berwibawa di tengah samudera, buat musuhmu gentar, buat lawan berfikir, lebih baik mereka hancur ditelan ombak dan badai dari pada harus berhadapan dengan kalian, karena kalian lebih dahsyat dari ombak dan badai,” terang Kasal.

Pada peringatan Hari Armada tahun ini, juga ada kado istimewa berupa diresmikannya enam Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis Patroli Cepat 40 M dan KRI jenis Landing Ship Tank (LST).

Keenam kapal perang baru itu antara lain KRI Karotang 872, KRI Mata Bongsang 873, KRI Posepa 870, dan KRI Escolar 871, KRI Teluk Kendari 518, dan KRI Teluk Kupang 519. Keenam KRI tersebut diresmikan Kasal, sekaligus pelantikan Komandan masing-masing KRI baru tersebut.

Dengan mengusung tema “Jaya di Samudera Untuk Indonesia Maju”, upacara yang dilaksanakan di dermaga Ujung Surabaya ini berlangsung sederhana dengan tetap menerapkan  protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat utama Mabesal, Pangkoarmada l, Panhgkoarmada ll, Pangkoarmada lll, Pangkolinlamil, Dankormar, Danpuspenerbal dan uandangan lainnya. Hadir juga Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono beserta pengurus pusat dan Bakor wilayah Jalasenastri lainnya.

Upacara peringatan tahun ini melibatkan pasukan dalam jumlah terbatas, menyesuaikan protokol kesehatan. Antara lain  satu unit Korsik Lantamal V Surabaya, Kelompok Panji TNI AL,  serta masing-masing satu regu gabungan pasukan Pamen dan Pama, prajurit KRI, prajurit Marinir, prajurit  Wing Udara, Pasukan Khusus terdiri dari Satkopaska, Dislambair, dan Satuan Kapal Selam, kemudian satu regu prajurit  Lantamal V Surabaya, serta PNS Mako Koarmada II.

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Post a Comment

0 Comments