Danpuspomal Beri Pembekalan Siswa Diktukpa TNI AL Angkatan ke-50 Korps Polisi Militer




Kodiklatal Surabaya, 7 Desember 2020

Mengawali rangkaian kegiatan Prasetya Perwira (Praspa) Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan laut angkatan ke-50 TA 2020, Sebanyak 23 orang Siswa Diktukpa Angkatan ke-50 TA 2020 Korps Polisi Militer yang sedang menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Laut (Pusdikpomal) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal mendapatkan Pembekalan dari Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksda TNI Dr Nazali, S.H., M.H., CHRMP  melalui Vidio Conference (Vicon), Senin, (7/12/2020).

Dalam Pembekalan secara Vicon tersebut Danpuspomal berada di Mabesal Jakarta sedangkan para siswa Diktukpa Korps Pomal berada di Gedung R. Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Pusatopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Hadir dalam pembekalan secara Vicon tersebut Dirdiklat Kodiklatal Laksma TNI Judijanto, M.Si., MA, Komandan Kodikdukum Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, S.T., M.A.P Komandan Pusdikpomal Kolonel Laut  (PM)  Joko Tri Suhartono dan para Komandan sekolah dijajaran Pusdikpomal Kodikdukum Kodiklatal.

Mengawali pembekalanya Danpuspomal Laksda TNI Dr Nazali, S.H., M.H., CHRMP  menyampaikan ucapan selamat yang sebentar lagi akan melaksanakan Prasetya perwira sekaligus pelantikan menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua. Menurutnya perubahan status dari bintara menjadi perwira tersebut suatu prestasi yang harus disyukuri selain itu dengan perubahan tersebut diharapkan mengubah pola sikap. Pola tindak dan pola pikir sesuai Kode etik perwira.

Pati Bintang dua pundak ini juga menyampaikan bahwa perubahan strata pangkat hendaknya disikapi dengan bergaya hidup yang bersahaja, jujur dan irit. Kedepanya seorang perwira mempunyai beban tugas wewenang dan tanggung jawab secara moril terhadap keluarga, anak buah dan lingkungan. Sebagai seorang perwira lanjutnya harus berani mengambil inisiatif dan mempunyai pemikiran yang inovatif, kreatif serta adatif dan menjadi teladan bagi anak buah.
   
Lebih lanjut disampikan bahwa Tugas Pokok Polisi Militer Angkatan laut adalah melaksanakan fungsi kepolisian militer untuk mendukung tugas pokok TNI AL. Adapun postur perwira Pomal haruslah bermoral yaitu selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, jujur, tidak berbuat cela, dan selalu menjunjung kode etik. Profesional dan adaptif yaitu mempunyai jiwea kepemimpinan menguasi tugas dan tanggung jawabnya dan mampu mengambuil kepurtusan.

Selain itu sorang perwira pomal haruslah berani dalam arti selalu berkata benar, bertindak tegas, bertanggung jawab dan rasional. Sedangkan postur terakhir yaitu kebanggan dalam arti perwira Pomal haruslah memiliki semangat, jiwa korsa, disiplin memiliki dedikasi loyalitas yang tinggi, teguh pada tujuan dan memegang teguh tradisi Korps.

Post a Comment

0 Comments