WAKIL KOMANDAN STTAL PIMPIN UPACARA PEMBUKAAN MATRIKULASI MAHASISWA S2, S1 DAN D3 STTAL TA. 2020.

 

TNI AL - STTAL Surabaya,  Matrikulasi adalah suatu kegiatan pemenuhan kompetensi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) agar kesenjangan antara substansi dan pengalaman belajar yang dimiliki para Mahasiswa STTAL sebelumnya dapat terpenuhi sesuai dengan kompetensi yang digariskan oleh STTAL.

Kegiatan Matrikulasi ini dilaksanakan untuk menyetarakan kemampuan Mahasiswa Baru STTAL yang berasal dari berbagai latar belakang dan pengalaman pendidikan yang berbeda sehingga diharapkan para mahasiswa tersebut mampu mengikuti semua mata kuliah yang ditempuh dalam program studinya dengan baik.

Selain itu, Matrikulasi ini juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan pandangan para mahasiswa baru terhadap program studi yang akan dimasukinya, sehingga para mahasiswa menjadi lebih paham dan mendapatkan gambaran mengenai dasar-dasar keilmuan dari program studi yang dipilihnya di STTAL.

Demikian seperti yang disampaikan dalam amanat Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., yang dibacakan oleh Wakil Komandan STTAL, Kolonel Laut (T) Abdul Rahman, S.T., M.T., selaku Inspektur Upacara Pembukaan Matrikulasi Mahasiswa Prodi S2 Angkatan VIII, S1 Angkatan XLI dan D3 Angkatan XVI STTAL TA. 2020, dengan Perwira Upacara Lettu Laut (E) Karnolis Sunkara, S.Kom. dan sebagai  Komandan Upacara yakni  Kaprodi  D-3 Teknik Informatika STTAL  Letkol Laut (E) Alexander Victor Bukit, S.T.,M.T., M.Tr.Opsla.,  yang juga dihadiri oleh Seklem, Para Direktur, Kapokdos, seluruh Perwira beserta PNS STTAL sederajat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, yang bertempat di lapangan upacara Kampus STTAL, Bumimoro Morokrembangan Surabaya. Senin (02/11/2020).

Sebagai lembaga pendidikan di TNI Angkatan Laut yang menitikberatkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) menyadari sepenuhnya bahwa saat ini sedang berada dalam era lompatan teknologi militer yang akan mempengaruhi taktik dan strategi perang masa depan.  Sehingga untuk meraih keunggulan dalam bidang pertahanan maka harus terus melakukan transformasi teknologi dan peningkatan kualitas personel yang mampu menguasai dan mengembangkan teknologi terkini, terutama dalam bidang teknologi informasi, teknologi nano dan teknologi kecerdasan buatan. 

Dalam hal peningkatan kualitas personel tersebut, sesuai dengan kebijakan prioritas kerja Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang pertama yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang Unggul.  Untuk itu Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) berkomitmen untuk terus berkonstribusi aktif dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang bermutu sebagai investasi pertahanan jangka panjang untuk menguasai teknologi masa depan, sejalan dengan transformasi kebijakan pertahanan yang digariskan oleh pemerintah, tegas Komandan STTAL dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wadan STTAL selaku Inspektur Upacara Pembukaan Matrikulasi Mahasiswa STTAL.

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru STTAL pada tahun 2020 ini, yang bermuara pada terpilihnya para Perwira, Bintara dan PNS adalah 
salahsatu perwujudan dari peran serta aktif STTAL dalam memenuhi tuntutan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) 
serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL.

Post a Comment

0 Comments