Usai Libur Bersama, Prajurit, PNS Dan Jalasenastri Lanal Yogyakarta Jalani Rapid Test



Lantamal V, 02 November 2020.---
Dalam upaya pencegahan Covid-19 usai libur bersama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah, segenap prajurit, PNS dan Jalasenastri Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II menjalani Rapid Test bertempat di Mako Sementara Lanal Yogyakarta Jl. Wiyoro 21 Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta pada Senin (2/11).

Pelaksanaan rapid test tersebut sesuai arahan dan perintah Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E., M.M sebagai upaya dan komitmen Danlanal Yogyakarta untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan dinas dan keluarga besar Lanal Yogyakarta serta dalam upaya menjaga dan memelihara kesehatan seluruh prajurit beserta keluarganya usai libur bersama, turut hadir dalam rapid test Ketua Cabang 8 Korcab V DJA II Ny. Neneng Harry Indarto beserta pengurus Jalasenastri Lanal Yogyakarta.

Kebijakan dan upaya rapid test tersebut selaras dengan Perintah Harian Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru atau New Normal di lingkungan TNI Angkatan Laut.

Rapid test dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yakni diawali penyemprotan cairan desinfektan di lokasi rapid test, pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun dan handsanitiser serta selama pelaksanaan wajib memakai masker serta menjaga jarak dan perkelompok bergantian.

Danlanal menyampaikan dilaksanakannya rapid test secara menyeluruh merupakan upaya antisipasi diri dan tetap kita tekankan agar seluruh prajurit dan keluarga untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Kita tidak boleh lengah, protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 harus terus kita laksanakan di masa tata kehidupan baru ini, baik itu disiplin dalam penggunaan masker, rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, secara rutin mengukur suhu tubuh atau memeriksa kesehatan serta menjaga jarak aman antara perorangan, serta yang terpenting adalah hindari kerumunan bila tidak penting tetap tinggal di rumah dan semoga kita sekalian dalam kondisi sehat walafiat serta Pandemi Covid-19 segera berakhir, ungkap Danlanal Yogyakarta.

Adapun dalam kesempatan usai pelaksanaan rapid test, Kepala Balai Kesehatan (Ka. BK) Lanal Yogyakarta Lettu Laut (K/W) drg. Erlina Fauziyah menyampaikan laporan dari hasil rapid test keseluruhan dinyatakan non reaktif, walaupun hal tersebut belum dapat dijadikan pedoman untuk menyatakan bebas Covid-19, namun setidaknya hasil rapid test cukup melegakan untuk kesatuan Lanal Yogyakarta termonitor sehat secara menyeluruh.

Post a Comment

0 Comments