Tim Penguji Kolat Koarmada II Apresiasi Gladi Tugas Tempur P1 dan P2 Lanal Yogyakarta




Lantamal V, Tim Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Komando Latihan Koarmada II memberikan apresiasi atas hasil pelaksanaan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V yang dilaksanakan selama 2 hari pada pekan ini. Dalam pelaksanaan uji Petik P1 dan P2 bertujuan untuk menguji pengetahuan dan kesiapan prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Yogyakarta dalam menghadapi berbagai bentuk permasalahan  dan ancaman.

“Kami mohon bimbingan dan masukan agar ke depan seluruh anggota Lanal Yogyakarta dapat lebih terampil serta menguasai  materi yang nanti akan di dilaksanakan, karena semua itu sangat penting dalam menunjang pelaksanaan tugas operasional organisasi”. Terang Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut(Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II Kolonel Marinir Harry Indarto,S.E,M.M dalam sambutan pembukaan P1 dan P2 di Aula Mako sementara Lanal Yogyakarta Jl. Wiyoro Kidul, Batu Retno, Banguntapan, Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan uji terampil Glagaspur P1dan P2 Lanal Yogyakarta dilaksanakan sejak mulai hari Jumat pagi (13/11) diawali dengan upacara penerimaan dan pembukaan di Ruang Rapat Mako Lanal Yogyakarta, dilanjutkan uji tertulis setiap bidang tugas dan pelaksanaan drill di lapangan meliputi materi Kebaharian dan Kepelautan antara lain Peluit Khas TNI Angkatan Laut, Tali Temali dan Prosedur Komunikasi, Bongkar Pasang Senjata, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Menembak Laras Pendek Pistol G-2 Combat dan Laras Panjang SS-2, Renang Militer, Evakusi Medis, Penindakan Huru Hara (PHH), Pengendalian Masa (Dalmas), Anti Sabotase dan Teror, Peran/Aksi Tempur Bahaya Umum, Peran/Aksi Tempur Bahaya Udara dilanjutkan Peran/Aksi Penanggulangan Kebakaran (PEK) pangkalan yang disimulasikan akibat serangan pesawat lawan, api dapat dipadamkan segera oleh prajurit PEK Lanal Yogyakarta dibantu tim PMK Balai Kota Yogyakarta dengan 1 unit kendaraan Damkar.

Sebagai kesimpulan akhir dari tim penguji Glagaspur P1 dan P2 Kolatarmada II disampaikan bahwa hasil uji terampil Glagaspur P1 dan P2 Lanal Yogyakarta Tahun 2020 disampaikan pada saat acara penutupan latihan. Lanal Yogyakarta, telah mengalami peningkatan signifikan dengan mengacu hasil penilaian tahun 2019, hal ini sebagai bukti bahwa kurun waktu 1 tahun pola pembinaan kesiapan pangkalan Lanal Yogyakarta telah dilaksanakan dengan baik oleh Danlanal Yogyakarta selaku pemegang Komando maupun segenap prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta.

Demikian berita Dinas Penerangan Lantamal V.

Post a Comment

0 Comments