Pelihara Lingkungan Agar Tetap Hijau, Kodim Bojonegoro Tanam Pohon Penghijauan




BOJONEGORO, -     Dalam rangka pemeliharaan lingkungan agar tetap hijau, Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, melaksanakan penanaman pohon penghijauan berjenis trembesi diseputaran area Taman Rajekwesi.

Penghijauan tersebut merupakan sarana untuk melestarikan lingkungan, agar menjadi lebih Asri dan sehat tanpa adanya pencemaran.

"Penghijauan dapat mengurangi polusi, terutama yang disebabkan karbondioksida yang berasal dari kendaraan bermotor. Polutan ini dapat diserap oleh daun-daun pepohonan yang hijau," demikian disampaikan Pasiter Kodim, Kapten Inf Surahmat, Rabu (18/11/2020).

Menurutnya, karbondioksida ini diubah oleh pohon menjadi oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Selain itu, penghijauan dilakukan juga sebagai sarana untuk meminimalisir dan mencegah terjadinya bencana banjir dan erosi tanah.

"Dengan banyaknya pohon besar dan tinggi, maka air hujan akan diserap oleh akar tumbuhan. Kemudian air hujan tersebut diubah menjadi air tanah yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk lainnya," ungkapnya.

Disamping guna pelestarian lingkungan, penanaman pohon penghijauan dilakukan juga sebagai upaya untuk maksimalkan fungsi lahan dalam melindungi lingkungan.

"Penghijauan ini juga sebagai upaya dalam meningkatkan efektivitas lahan agar dapat berfungsi dengan baik dan secara optimal dalam melindungi lingkungan di sekitar kita," pungkas Kapten Inf Surahmat.

Post a Comment

0 Comments