Secara Serempak Lanal Yogyakarta Gelar Bakti Sosial Membantu Upaya Percepatan Penanganan Covid-19




YOGYAKARTA. Dalam rangka untuk membantu percepatan penanganan Covid-19, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II menggelar Bakti Sosial (Baksos) Pembagian Masker Untuk Masyarakat pada Senin (09/11/20).

Kegiatan baksos di wilayah kerja Lanal Yogyakarta secara serempak digelar di 3 lokasi berbeda yakni di Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Sadeng Kab. Gunungkidul, Posal Samas Kab. Bantul dan Posmat Karangwuni Kab. Kulonprogo merupakan program baksos kerjasama antara Pangkalan Utama TNI Angkatan (Lantamal) V dengan alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair) di wilayah kerja Lantamal V beserta Lanal jajaran Lantamal V. Adapun selaku koordinator pelaksana baksos yang digelar di wilayah kerja Lanal Yogyakarta oleh Staf Potensi Maritim (Potmar) Lanal Yogyakarta dengan Perwira Staf Potmar (Paspotmar) Lanal Yogyakarta  saat ini dijabat oleh Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati, A.Md.

Turut hadir pejabat Lanal Yogyakarta pada baksos antara lain Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Mayor Laut (P) Wahyu Hidayanto pada baksos di wilayah Posal Sadeng bertempat di halaman Pos Pelayanan Kesyahbandaran Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Sadeng Kab. Gunungkidul bersama Komandan Posal (Danposal) Sadeng Peltu Jas Sih Budi. Adapun Paspotmar Lanal Yogyakarta turut hadir pada baksos yang digelar di wilayah Posal Samas bertempat di pantai Goa Cemara Kec. Sanden Kab. Bantul bersama Danposal Samas Serma Mes Surawal dan baksos yang digelar di wilayah Posmat Karangwuni bertempat di Posmat Congot Temon Kab. Kulonprogo bersama Danposmat Karangwuni Peltu Ang Agus Wijayanto. Turut hadir pada baksos yang digelar di 3 lokasi tersebut dari unsur Koramil, Polsek, Polair, Sarlinmas, pemerintah setempat, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Saka Bahari dan siswa-siswi SMK Kelautan binaan Lanal Yogyakarta.

Sebelum pelaksanaan baksos, seluruh peserta melaksanakan apel kelengkapan di tiap-tiap lokasi baksos yg digelar, dalam kesempatan tersebut dibacakan sambutan Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E., M.M oleh Palaksa dan Paspotmar Lanal Yogyakarta, antara lain menyampaikan bahwa baksos digelar tersebut sebagai bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut ditengah masih terjadinya dampak pandemi Covid-19, agar dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan jajaran unsur wilayah dengan baik, dimana kegiatan ini juga sebagai bentuk melaksanakan instruksi Komando Atas, dalam hal ini agar seluruh jajaran TNI Angkatan Laut secara proaktif membantu upaya-upaya percepatan penanganan Covid-19 secara masif di wilayah kerjanya.

Lebih lanjut dalam sambutan Danlanal Yogyakarta, disampaikan bahwa kegiatan baksos dilaksanakan dengan membagikan masker sebanyak 1 juta masker untuk masyarakat khususnya para nelayan, warga pesisir dan para pengunjung obyek wisata. "Selain kegiatan membagikan masker, kedepan Lanal Yogyakarta juga akan melaksanakan baksos dalam bentuk rapid test di wilayah pesisir pantai wilayah kerja Lanal Yogyakarta, adapun untuk waktu pelaksanaan menunggu petunjuk lebih lanjut dengan memperhatikan perkembangan situasi" sebagai penutup sambutan Danlanal Yogyakarta.

Kegiatan baksos yang dilaksanakan dalam upaya membantu percepatan penanganan Covid-19 oleh jajaran Lanal Yogyakarta tersebut selaras dengan Perintah Harian Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M yakni jadilah contoh dan tauladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19. 

(Pen Lanal Yogyakarta)

Post a Comment

0 Comments