Purnawiyata Ditengah Pandemi Covid-19 Mewarnai HUT Ke - 59 SMK KAL-1





Lia Kurnuawati : “Enam dari tiga bersaudara menempuh pendidikan di SMK KAL-1,  Kupersembahkan Purnawiata ini untuk Almarhum adikku Diky Ristanto” tuturnya.

Surabaya,(04/11)
Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya tepat berusia 59 tahun pada tanggal 01 November 2020, menyambut HUT kali ini, sekolah yang berdomisili di daerah basis Pendidikan TNI AL Kodiklatal menyelenggarakan beberapa kegiatan berupa peresmian fasilitas pendidikan (04/11/20), Fasilitas pendidikan yang di resmikan penggunaannya oleh Drs. SD Seputra, S.K.M., M.M selaku Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya berupa car lift, ruang studio dan long room SMK KAL-1 yang baru selesai pembangunannya.

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si menuturkan bahwa car lift ini dibangun guna menunjang praktikum siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan/otomotif,  ruang studio  yang akan digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ )/daring secara live, sementara itu pembangunan long room disesuaikan dengan kondisi sekolah yang ada.

Sebagai puncak HUT SMK KAL-1 Ke-59 , dilaksanaan penutupan pendidikan/  purnawiyata bagi siswa yang telah lulus pada tahun pelajaran 2019/2020 di Gedung Gaha Samudra Bumimoro ( GSB) Surabaya yang berada di komplek Kodiklatal bersebelahan dengan keberadaan SMK KAL-1.  Purnawiyata ditengah pandemi covid-19 merupakan kegiatan terberat, karena harus menenuhi beberapa persyaratan khusus antara lain, siswa dan orang tua yang hadir dalam kondisi sehat, harus melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan, cuci tangan,  jaga jarak, bermasker, pakai sarung tangan serta menggunakan  face shield.

Seluruh ketentuan protokol kesehatan dalam pelaksanaan purnawiyata di sediakan oleh pihak sekolah / SMK KAL-1. Tidak cukup dengan protokol kesehatan, Kepala Sekolah  dengan melati dua dipundaknya ini berkoordinasi dengan Polisi Militer Kodiklatal untuk mengarur lalulintas kendaraan bermotor  serta mengawasi  kerumunan siswa sehingga tidak ada kesempatan buat mereka untuk berkumpul secara berdekatan.  Kesemuanya ini dilakukan dalam rangka pencegahan menjalarnya virus covid-19, sehingga seluruh guru, siswa dan orang tua saat datang dan pergi meninggalkan lokasi purnawiyata dalam kondisi sehat.

SMK KAL-1 tahun pelajaran 2019/2020 meluluskan 248 siswa dari 4 jurusan yang di miliki, dari  jurusan Teknik Pemesinan(TPM) 77 siswa, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 91 siswa,  Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) 42 siswa dan Teknik Audio Video(TAV) 38 siswa.

Ketua Pengurus YHT Cabang Surabaya, Drs SD Seputra, S,K,M.,M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruhb siswa yang telah menyelesaikan  pendidikan di SMK KAL-1 yang  pada hari ini mengikuti Purnawiyata yang di selenggarakan sekolah,  kelulusa kalian adalah bukan  merupakan modal dasar dan awal dari perjuangan yang masih panjang yang penuh hambatan,  tantangan dan persaingan yang besar. Bagi yang mau meneruskan ke bangku kuliah  carilah yang sesuian dengan keinginan hati nurani sehingga tidak ada rasa paksaan, dengan cara ini pasti kalian akan dapat mengembangkan kemampuan yang optimal.  Sedangkan bagi lulusan yang mau ke dunia kerja, terapkanlah  segala apa yang telah didapat dari sekolah untuk diimplementasikan  dalam dunia kerja serta mendukung  kerier.

Sementara itu Kepala sekolah SMK KAL-1 dalam laporannya kepaa Kapeng YHT Cabang Surabaya menyebutkan bahwan keberhasilan SMK KAL-1 terlah tertoreh di tingkat Nasional terutama  Pencak Silat Putra atas nama  Muh DwinAgna  Divanto , Dwi Agnadarudan Gala Banafi Asegaf yang keluar sebagajuara pertama di Jakarta,  Yogyakarta dan Banyuwngi,   dan di Pencak Silat Putri  atas  nama  Salsa Putri Wardhani meraih juara 2 di Jakarta Championship. Dicabang Dayung SMK KAL-1 juga mengukir prestasi  keluar sebagaijuara Nasional. 
 
Ada yang sangat unik tersuguh di podium saat Kepala Sekolah menghadirkan siswa  Diky Ristanto, yang naik ke panggung seorang wanita cantik , muda penuh percaya diri menghadap sang Lentan Kolonel yang tidak lain dan tidak bukan adalah Kepala Sekolah SMK KAL-1,  Wanita ini membawa Pigura  bergambar foto sang adiknya, yang ternyata telah di panggil Yang Maha Kuasa setelah beberapa minggu setelah pengumuman kelulusannya.  Dengan hati penuh ke ikhlasan dia berkata : “PURNAWIYATA SMK KAL-1 INI KU PERSEMBAHKAN UNTUK ADIKKU ALMARHUM DIKY RISTANTO”

Begitu turun dari podium, kami menghampirinya dan sedikit tanya jawab, ternyata dari enam bersaudara, 2 kakaknya terdahulu juga alumni SMK KAL-1 dan Almarhum Diky Ristatno masih punya adik kandung wanita , ternyata juga punya idaman sekolah di SMK KAL-1. Apa yang menarik dari sekolah ini ?tanyaku,  dengan singkat di jawab guru-gurunya mendidik dengan disiplin yang ketat, dan memberikan semua yang diperlukan pungkasnya .

 Dari ke 248 siswa yang telah lulus, berhasil mencapai nilai terbaik 1 Ujian Nasional Fadhil Arif dari XII TKR  dan terbaik 2 UN Muhammad Lutfi  Ubaidillah dari XII TITL. Kertua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya pada kesempatan tersebut memberikan piagam penghargaan dan sejumlah uang pembinaan kepada kedua siswa berprestasi di Ujuian Nasional yang mereka ikuti.

Disamping penyerahan piagam peraih nilai ujian Nasional terbaik 1 dan 2. SMK KAL-1 juga memberikan piagan serta uang pembinaan kepada 3 siswa di tiap-tiap jurusan ( TPM, TKR, TITL,dan TAV) serta juga memberikan santunan kepada  13 siswa anak yatim dan 2 siswa  Tahfiz Alquran yang kebetulan juga sekolah di SMK KAL-1.  Kesemuanya di serahkan langsung oleh Kepala Sekolah  SMK KAL-1  Letkol Laut (KH) Drs Ambar Kristiyanto, M.Si dimana sumbernya  adalah dana sosial dari Yayasan  Nusantara Berkarya Gemilang  SMK KAL-1 Surabaya(Yht/dar)

Post a Comment

0 Comments