Pos Kotis Satgas Pamrahwan Maluku Yonif RK 732/Banau panen hasil budidaya ikan selama Sembilan bulan.

Ambon, Maluku , 14 November 2020




Menjelang purna Satgas Pamrahwan di Maluku Yonif RK 732/Banau laksanakan panen ikan yang dibudidayakan selama Sembilan bulan ini. Seperti terlihat pada Sabtu (14/11/2020) siang, seluruh anggota Kotis Satgas, sibuk memasang pompa penyedot air serta menarik jaring yang telah mereka pasang. Kemudian satu per satu ikan yang menyangkut di jaring akan dimasukkan di dalam wadah.

Setelah ikan-ikan yang terperangkap dalam jaring terkumpul, kemudian hasilnya dibawa untuk sebagian dibagikan kepada masyarakat sekitar Pos Kotis. Karena salah satu amanat Panglima Kodam XVI/Pattimura  Mayjen TNI Agus Rohman yaitu memerintahkan kepada satuan jajaranya dalam masa pandemi covid 19 ini agar selalu berproduktif untuk memanfaatkan lahan atau tempat khususnya dalam bidang pangan.

Dalam masa panen kali ini Kotis melaksanakan panen hasil budidaya ikan mujair,gurame dan nila yang telah di laksanakan sejak pertama kali melaksanakan Satgas pada bulan Maret lalu , sebelumnya Kotis pernah memanen hasil budidaya jagung, sawi, daun bawang pada bulan Agustus lalu hingga mencapai 100 kg. Untuk panen ikan kali ini perkiraan hingga mencapai 50 kg lebih untuk satu kali panen.

Dalam rilis resminya di Kotis Waiheru pada Jumat (14/11/2020), Dansatgas Yonif RK 732/Banau, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, S.H., M.Si., menyampaikan, “Kami jajaran satuan di bawah Kodam XVI/Pattimura melaksanakan perintah untuk melaksanakan budidaya pangan guna membantu ketahanan pangan yang pada masa pandemic ini sangat berdampak bagi lingkungan serta ekonomi masyarakat sekitar khususnya wilayah binaan territorial Satgas Yonif RK 732 Banau kami akan terus berupaya dengan sebaik mungkin membantu upaya pemerintah untuk menanggulangi dampak pandemic kali ini, tidak hanya dalam kegiatan yang bersifat protokoler kesehatan namun juga dalam melihat dampak dari pandemicnya itu sendiri. Hasil panen ikan kali ini selain kita konsumi untuk anggota juga kita berikan kepada masyarakat sekitar wilayah Pos Kotis yang membutuhkan bantuan bahan makanan. Hal-hal yang masih bisa untuk kita bantu tentunya dengan senang hati Satgas Yonif RK 732/Banau akan selalu membantu. Bagi kami kepuasan tersendiri bila bisa bekerja dengan maksimal dan menjadi solusi di tengah masyarakat.”

Post a Comment

0 Comments