Perwira Kodiklatal Ikuti Pelatihan Konseling Psikologi Tenaga Pembimbing Dan Pengasuh Siswa TNI AL TA 2020




Juanda Sidoarjo, 12 Nopember 2020 
Sebanyak 25 Prajurit Strata Perwira Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) mengikuti Pelatihan Konseling Psikologi Tenaga Pembimbing dan Pengasuh Siswa TNI AL TA 2020 . Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut dibuka langsung Kepala Dinas Psikologi TNI Angkatan laut (Kadispsial) Laksma TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog di Gedung Serbaguna Dinas Psikologi TNI AL Juanda Sidoarjo, Kamis, (12/11/2020).
 
Selain diikuti prajurit Perwira Kodiklatal Pelatihan Konseling Psikologi Tenaga Pembimbing dan Pengasuh Siswa TNI AL TA 2020 juga diikuti prajurit perwira Akademi Angkatan Laut (AAL). Tampak hadir dalam acara tersebut Pabandya Kes Letkol Laut (K) Kuncoro mewakili Paban III Pers Ditum Kodiklatal, Dirpers AAL Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd,. MAP dan pejabat utama Dinas Psikologi TNI AL.
 
Kadispsial Laksma TNI Dr. Wiwin Dwi Handayani, M.Si., Psikolog dalam sambutanya menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan atau lebih tepatnya sharing mengenai konseling psikologi, baik teori maupun aplikasinya kepada para pembimbing siswa dan pengasuh siswa yang ada di lingkungan pendidikan Kodiklatal dan AAL, karena para perwira tersebut terkait langsung dengan proses pembimbingan dan pengasuhan siswa dilingkungan pendidikan TNI Angkatan laut.

Menurutnya seiring dengan perkembangan industri telah membawa dampak pada keseluruhan aspek kehidupan termasuk tugas perwira dalam melaksanakan pembimbingan dan pengasuhan. Namun ada hal yang tidak berubah yaitu para Pembimbing dan pengasuh siswa dituntut untuk mampu memahami kondisi phisik dan psikologis para siswa agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal.

Lebih lanjut disampaikan bahwa peran tenaga pembimbing dan pengasuh ini seperti yang diutarakan oleh Ki Hadjar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Yang artinya saat berada didepan memberikan dan menjadi contoh kepada siswa ketika berada ditengah bisa membangkitkan semangat dan ketika berada di belakang memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa.
  
Di hari pertama Pelatihan Konseling ini para peserta akan mendapatkan pembakalan  dari Letkol laut (KH/W) Rostini Wijayantie S.Psi., M.Psi.,Psikolog yang menyampaikan materi Pengantar Konseling, Mayor Laut (KH) Pamuharsi S.Psi.,M.Psi.,Psikolog menyampaikan materi Kepribadian Konselor dan  Mayor Laut Ibnu Hajar irawan S.Psi.,M.Psi., Psikolog menyampaikan materi Peer Counseling. Sedangkan dihari kedua menampilkan, Mayor Laut (KH/W) Afrida kurniasari S.Psi.,M.Psi.,Psikolog menyampaikan materi Komunikasi Efektif dan Mayor Laut (KH) Bambang Mulyono S.Psi menyampaikan materi Mengenali Konseling

Post a Comment

0 Comments