Peringati HUT ke-75 Korps Marinir, Taruna AAL Gelar Apel Khusus




Surabaya (16/11).
Ditengah masih merebaknya pandemic Covid-19, Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Korps Marinir diperingati secara sederhana dan taat protocol kesehatan, seperti Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Korps Marinir memperingatinya dengan menggelar Apel Khusus dengan Inspektur Upacara Gubernur AAL, Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) di lapangan Aru, Kesatrian Bumimoro, Surabaya, Senin (16/11).

Turut hadir mengikuti upacara peringatan HUT Marinir pagi ini Wakil Gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Sekretaris Lembaga AAL Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr(Han), Pejabat Utama AAL, serta Perwira pengasuh Korps Marinir lainnya.

Pelaksanaan apel khusus kali ini sangat spesial, karena seluruh petugas apel, adalah Taruna Korps Marinir. Pada gelaran apel khusus tersebut, juga diputar pidato Presiden Pertama RI, Soekorno pada 15 November 1959 saat menyerahkan Panji Unggul Jaya kepada KKO ALRI.

Menurut Gubernur AAL, pada pelaksanaan apel khusus memperingati HUT ke-75 tahun Korps Marinir ini, sekaligus dijadikan sebagai momentum untuk menanamkan jiwa korsa dan karakter bagi Taruna Korps Marinir yang tengah dididik di AAL.

Perlu diketahui bahwa 75 tahun pengabdian Korps Marinir bukanlah waktu yang pendek namun merupakan perjalanan yang panjang bagi Korps Marinir dalam menjaga kedaulatan NKRI untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah dari segala ancaman, gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. 

Korps Marinir lanjut Gubernur AAL, adalah kekuatan tempur elite TNI AL yang sangat khusus kapan saja, dimana saja, tidak peduli saat krisis atau ada ancaman, Korps Marinir harus selalu siap. Baik dalam tugas-tugas mengatasi gangguan keamanan ataupun tugas-tugas kemanusiaan seperti penanggulangan bencana alam ditengah-tengah masyarakat dan dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

Gubernur AAL juga menekankan kepada Taruna Korps Marinir, harus memiliki keinginan dan kemauan yang kuat untuk senatiasa mengisi diri dengan belajar dan berlatih serta terus mengasah kemampuan dalam segala bidang. 

“Siapkan diri kalian dalam setiap menghadapi tantangan dan perubahan baik dalam bidang profesi maupun perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi,” pintanya.

Diakhir amanatnya, Gubernur AAL mengucapkan Dirgahayu ke-75 tahun Korps Marinir, Ia berharap Prajurit Petarung Korps Marinir  terus bersinergi mengawal NKRI menuju Indonesia maju sesuai  tema yang diangkat pada peringatan tahun ini.

“Jalesu Bhumyamca Jayamahe” semoga senantiasa menjadi kebanggaan bagi TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara,” pungkasnya.

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.

Post a Comment

0 Comments