Panen Anggur Di Desa Silawan, Dandim Belu bersama Satgas Yonif 744 Tempuh 20 Km Bersepeda.




Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB hadir dalam kegiatan yang digelar Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro bersama para tokoh masyarakat berupa Gowes/bersepeda sekaligus panen anggur di desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu, NTT.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Alfat Denny Andrian, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (21/11/2020).

Dikatakannya, Acara Gowes/bersepeda yang di gelar oleh Kodim 1605/Belu menempuh perjalanan sejauh 20 Km yang dimulai start dari Kodim 1605/Belu menuju dusun Aisik, Desa Silawan dengan medan bervariasi berupa tanjakan perbukitan kapur, dan turunan curam disertai tikungan yang tajam yang pelaksanaannya mendapat pengamanan dari jajaran Kipur 1 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur (pos Salore, pos Silawan dan pos Damar) serta personel Kodim dan Koramil setempat.

"tujuan akhir dari Gowes/bersepeda adalah melaksanakan panen anggur milik Babinsa Silawan 07/Wedomu Serka Duarte dos Santos di kebun anggur, dusun Aisik, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Sabtu (21/11/2020)." jelasnya

"Panen anggur dilakukan adalah pada anggur jenis Ching Shiang asal dari Thailand diatas lahan seluas setengah hektare milik Duarte Dos Santos selaku Ketua Kelompok anggur dan dilakukan sejak awal 3 bulan yang lalu dimana panen anggur ini merupakan yang ketiga dalam tahun ini." ungkapnya

"kita juga mendukung program pemerintah berupa ketahanan pangan dan mewujudkan masyarakat perbatasan Indonesia Timor Leste yang lebih sejahtera." tambahnya

Sebelum memanen, kegiatan terlebih dahulu diawali dengan penanaman anakan anggur secara simbolis oleh Dandim Belu didampingi Kepala Desa Silawan, Ketua PSHT, Wadan Satgas Yonif RK 744/SYB serta Ketua Persit KCK Dim Belu di kebun Anggur, Desa Silawan, NTT wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Panen anggur milik personel Kodim 1605/Belu ditandai dengan pemetikan buah anggur oleh Dandim 1605/Belu bersama Ketua Persit Nyonya Wiji Untoro diikuti pemilik kebun anggur dan warga bersama Wadan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Kapten Inf Satriyo Pinandito dan personel TNI lainnya yang hadir.

Dandim Belu Letkol Inf Wiji Untoro mengatakan tanaman anggur ini memiliki potensi di wilayah perbatasan Belu yang bisa dikolaborasikan dengan potensi di Desa Silawan dimana tanaman yang kurang produktif bisa diganti dengan tanaman anggur, klengkeng dan sejenis buah-buahan lainnya.

"terima kasih kepada serka Duarte Ximenes atas keberhasilan menanam anggur, Semoga kedepan Babinsa yang lain ikut membangkan kebun anggur di Desa binaannya masing-masing,” pinta Wiji

Kegiatan Panen Anggur ini dihadiri oleh Dandim 1605,  Danramil 01, Danramil 02 , Wadansatgas, Pasi intel satgas ,pasiops satgas, Dankipur 1, Danpos Silawan, Danpos Damar, Pakum Satgas, Serka Duarte ( bapak babinsa ) pemilik kebun anggur.  Dominikus Saku Pr. dan pastor paroki St. Stelamaris  Romo Yoris Giri, Kepala desa Silawan dan personil Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB selaku pendukung kegiatan.

Sementara itu, Serka Duarte (pemilik kebun)  bersama tokoh masyarakat menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Dandim 1605/Belu bersama Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB atas waktu dan kesempatan telah bersedia menghadiri kegiatan panen anggur bersama tersebut.

Post a Comment

0 Comments