Lantamal V Ikuti Video Conference Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2020




Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya, yang diwakili oleh Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E., ikut serta dalam kegiatan Video Conference Seminar Maritim Nasional Seskoal Tahun 2020.  Seminar yang dilaksanakan secara daring ini diikuti dari Puskodal Mako Lantamal V, Surabaya, Selasa (3/11). 

Seminar yang dibuka oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)  dari Auditorium Yos Sudarso Seskoal, Cipulir Jakarta ini mengangkat tema, “Membangun Kembali Budaya Maritim Indonesia Melalui Kebijakan Kelautan Indonesia Dengan Strategi Pertahanan Maritim Indonesia”.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama dengan membahas topik Budaya Maritim menghadirkan pembicara antara lain Prof. Dr. Sundring Pantja Djati, M.Si., M.A (Guru Besar STP Trisakti Jakarta), Prof. Dr. Susanto Zuhdi, S.Hum (Dosen Universitas Indonesia), serta Prof. Dr. Anhar Gonggong, M.A (Sejarawan Indonesia), 

Pada sesi ke dua dengan topik Pertahanan Maritim, menghadirkan pembicara yaitu Laksamana Muda TNI (Purn) Dr. Surya Wiranto, S.H., M.H (Kabid Pengkajian, IKAL Lemhanas RI dan Dosen Unhan), Dr. Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, M.Si (Pengamat Politik dan Militer), Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M (Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Laut/Asops Kasal) dan Evan A.Laksmana, Ph.D (Pengamat Politik CSIS). Bertindak selaku Moderator seminar yaitu Putri Khairunnisa, S.Ikom (Miss Asia Tahun 2017) dan Kolonel Laut (KH/W) Renny S, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla (Kabid Kerjasama Bilateral Asia Pasifik Kemenkopolhukam).

Digelarnya kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi para peneliti/dosen/think tank untuk menyampaikan gagasan akademis untuk dapat berkontribusi dalam pembangunan kemaritiman Indonesia dalam rangka mengembalikan dan mewujudkan identitas negara Indonesia yang besar, kuat serta mandiri sebagai negara dengan budaya maritim.

Demikian berita Dinas Penerangan Lantamal V Surabaya.

Post a Comment

0 Comments