Kobarkan Semangat Pahlawanku Sepanjang Masa, Danlanal Yogyakarta Hadiri Upacara Hari Pahlawan 2020 Tingkat Pemda DIY




Lantamal V, 10 November 2020.---
Dalam upaya turut mengobarkan semangat hari pahlawan, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Koarmada II, Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E. M.M. bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti upacara Hari Pahlawan 2020 tingkat Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, bertempat di Stadion Mandala Krida, Semaki, Umbulharjo Kota Yogyakarta pada Selasa (10/11).

Peringatan tahun ini mengusung tema "Pahlawanku Sepanjang Masa", pelaksanaan upacara berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut karena momen bersejarah yang diperingati tepat pada tanggal 10 November 2020 hari ini, masih dalam situasi pandemi sehingga dalam pelaksanaan terdapat pembatas dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.

Hadir pada upacara tingkat Pemda DIY antara lain Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana, S.T., Kapolda DIY Irjen Pol Drs. Asep Suhendar, M. Si, Danrem 072/Pmk Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P, M.M, Kabinda DIY Marsma TNI Rudy Iskandar, S.E, Wagub AAU Marsma TNI Paminto Bambang Pamungkas, S.I.P., Danlanud Adi Sutjipto diwakili Kadispers Kolonel Nav Anton Bimo, Danlanal Yogyakarta Kolonel Marinir Harry Indarto, S.E, M.M, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Sumardi S.H.M.H, Sekda DIY Drs. R. Kadarmanto serta unsur SKPD Pemda DIY.

Adapun rangkaian upacara peringatan antara lain penghormatan pasukan, laporan komandan upacara, pengibaran bendera merah putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan UUD 1945, pembacaan amanat Menteri Sosial RI Julian P. Batubara, doa, andhika bhayangkari, laporan Komandan upacara dan penghormatan pasukan. Adapun hikmah dari amanat Mensos RI yakni hari pahlawan sebaiknya tidak hanya sekedar diingat dan diperingati setiap tanggal 10 November semata, namun nilai-nilai dalam perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa, apa yang dilakukan para pahlawan diharapkan dapat menginspirasi  dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan perjuangannya.

Menurut Danlanal Yogyakarta, makna terpenting dapat kita hayati dan pahami pada peringatan hari Pahlawan 2020 adalah semangat rela berkorban para pahlawan, baik harta bahkan nyawa untuk kepentingan masyarakat dan negara, selayaknya kita sebagai generasi penerus bangsa untuk dapat menghargai jasa perjuangan para pahlawan dengan terus menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dengan berkarya membangun negara dan bangsa dan Selamat Hari Pahlawan 2020, kobarkan semangat pahlawanku sepanjang masa, ungkap Danlanal Yogyakarta.

Kegiatan Danlanal Yogyakarta dalam rangka mengikuti upacara hari pahlawan bersama jajaran Forkopimda DIY, selaras dengan arahan dari pimpinan dalam hal ini tertuang pada Perintah Harian Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Post a Comment

0 Comments