Koarmada III Selenggarakan Latihan Operasi Gabungan Pertahanan Pantai





Komando Armada (Koarmada) III dan jajaran menyelenggarakan Latihan Operasi Pertahanan Pantai secara besar-besaran di sejumlah wilayah Kota Sorong, selamat dua pekan. Latihan ini melibatkan sejumlah KRI (Kapal Perang RI), pesawat udara dan hely, persenjataan Pasmar 3, dan kurang lebih seribu personel, dibuka secara resmi oleh Panglima Koarmada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., selaku Direktur Latihan di Mako Lantamal XIV Jl. Baru, Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (6/11/2020). 


Latihan tersebut merupakan salah satu implementasi kebijakan  Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yakni membangun sumber daya manusia yang unggul dan professional, serta tangguh menghadapi segala ancaman. Selama latihan para peserta senantiasa menerapkan protocol kesehatan pencegahan Covid-19. 


Menurut Pangkoarmada III bahwa operasi pertahanan pantai merupakan salah satu operasi yang sangat penting dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Operasi ini adalah operasi tempur yang penyelenggaraannya dilaksanakan dalam bentuk operasi gabungan pada suatu komando tugas gabungan pertahanan pantai yang diorganisir secara integratif dari semua satuan yang tergabung dalam suatu komando gabungan yang dibentuk. “Daerah operasi pertahanan pantai ditentukan berdasarkan oleh pertimbangan-pertimbangan, antara lain arah datangnya serangan amfibi musuh,” tegasnya


Menurut Pangkoarmada III bahwa kegiatan latihan manuver lapangan Operasi Pertahanan Pantai kali ini merupakan kelanjutan dari latihan posko operasi pertahanan pantai pada latihan Armada Jaya ke-38 yang lalu. Latihan manuver lapangan operasi pertahanan pantai ini baru pertama kali dilaksanakan di Koarmada III. 


“Latihan manuver lapangan Latihan Operasi Pertahanan Pantai ini pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 di bidang pertahanan pantai, dalam menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi pertahanan pantai. 


Pada acara pembukaan latihan juga hadir Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Lilik Supariana, M.Tr (Han), Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, dan sejumlah pejabat utama Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 Sorong, serta seluruh prajurit yang terlibat latihan.
Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Post a Comment

0 Comments